STUDI KOMPARASI PENDEKATAN PBL DAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS VI SDN SLAWI KULON 3


Rizqi Amalia , 1401412066 (2016) STUDI KOMPARASI PENDEKATAN PBL DAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS VI SDN SLAWI KULON 3. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412066.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (538kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang kajian objeknya bersifat abstrak. Sementara karakteristik siswa SD rata-rata masih pada tahap perkembangan operasional konkret, sehingga diperlukan pembelajaran yang membantu siswa dalam mengkonkretkan materi matematika yang abstrak. Contoh pendekatan yang efektif terhadap hasil belajar matematika kelas IV yaitu pendekatan PBL dan RME. Belum diketahui pendekatan manakah yang lebih efektif terhadap hasil belajar matematika diantara PBL dan RME. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Slawi Kulon 3 pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Slawi Kulon 3 pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa SD Negeri Slawi Kulon 3 kelas IVA dan IVB sebagai kelas eksperimen serta IVC sebagai kelas kontrol. Jumlah Populasi sebanyak 99 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas IVA dan 27 siswa kelas IVB serta 37 siswa kelas IVC. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi dokumenter, wawancara tidak terstruktur, observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji Anova dengan uji lanjut LSD. Uji lanjut berfungsi untuk menganalisis perbedaan antar kelas. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 1sebesar 79,71, kelas eksperimen 2 sebesar 83,26, dan kelas kontrol sebesar 71,89. Uji LSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, akan tetapi tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan 2. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dan RME sama-sama efektif terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV.Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru untuk menerapkanpendekatan PBL dan RME sebagai alternatif pendekatan untuk mata pelajaran Matematika di SDuntuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; pendekatan PBL; pendekatan RME
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 13:45
Last Modified: 15 Jan 2018 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29120

Actions (login required)

View Item View Item