ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD GUGUS MARTOLOYO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Nur Janah , 1401412064 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD GUGUS MARTOLOYO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (344kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan Supriedy, diperoleh informasi bahwa proses penyusunan soal UAS gasal mata pelajaran IPA kelas III SD telah diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal (analisis logis rasional). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kualitas butir soal dan pelaksanaan UAS tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh sebanyak 111 lembar jawab. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory, pencocokkan jenjang ranah kognitif, dan analisis model Miles dan Huberman. Data kuantitatif dianalisis menggunakan bantuan program Anates V4 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kisi-kisi soal yang digunakan pada UAS gasal IPA kelas III SD Gugus Martoloyo tidak mencantumkan tingkat kesukaran, ranah kognitif, dan indikator soal, sehingga kisi-kisi soal tersebut perlu disesuaikan dengan format kisi-kisi soal yang benar. Kualitas soal pilihan ganda ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki validitas isi berkotegori sangat tinggi (0,98). Distribusi jenjang ranah kognitif yang terukur pada soal pilihan ganda yaitu 5 (25%) soal berkategori C1, 14 (70%) soal berkategori C2, dan 1 (5%) soal berkategori C3. Kualitas soal pilihan ganda ditinjau dari aspek validitasnya yaitu 0 (0%) soal berkategori sangat signifikan, 6 (30%) soal berkategori signifikan, dan 14 (70%) soal berkategori tidak signifikan. Aspek reliabilitas diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,49 dengan kriteria rendah, karena kurang dari batas reliabilitas (0,70). Aspek tingkat kesukarannya yaitu 10 (50%) soal berkategori mudah, 8 (40%) soal berkategori sedang, dan 2 (10%) soal berkategori sukar. Aspek daya pembedanya yaitu 6 (30%) soal berkategori baik, 9 (45%) soal berkategori cukup, 4 (20%) soal berkategori jelek, dan 1 (5%) soal berkategori jelek sekali. Aspek efektivitas pengecohnya yaitu terdapat 7 (35%) soal berkategori efektif dan 13 (65%) soal berkategori tidak efektif. Pelaksanaan tes pada UAS gasal kelas III SD Gugus Martoloyo tergolong cukup baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa analisis butir soal dapat mendeteksi kekurangan pada butir soal. Oleh karena itu, penyusunan soal sebaiknya melalui tahapan analisis butir soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Soal; Evaluasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 13:45
Last Modified: 15 Jan 2018 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29118

Actions (login required)

View Item View Item