ANALISIS DISIPLIN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD DI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN


Ubudiah Khoirini , 1401412062 (2016) ANALISIS DISIPLIN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD DI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412062.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (300kB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang harus ditanamankan sejak dini kepada siswa. Disiplin belajar kepada siswa dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran di sekolah salah satunya pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai disiplin belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD di Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri atas variabel tunggal yaitu disiplin belajar siswa.Populasi meliputi seluruh siswa kelas V SD di Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan yang berjumlah 815 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Two Stage Cluster Sampling dengan jumlah sampel 129 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai alat pengumpul utama dan wawancara sebagai data pendukung.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan disiplin belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD Sekecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 134,28. Indikator disiplin belajar meliputi disiplin waktu belajar dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 20,74; disiplin sikap belajar dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 19,94; disiplin perilaku belajar dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 52,76; disiplin melaksanakan tugas dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 20,95 dan disiplin menegakkan aturan dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 19,87. Maka dapat disimpulkandisiplin belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD di Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan dalam kategori sangat baik. Saran dalam penelitian ini yaitu disiplin belajar siswa perlu dipertahankan, dijaga dan dilestarikan. Sehingga siswa memiliki keteraturan dalam belajar, menjadi individu yang tertib dan lebih menguasai serta memahami materi pelajaran yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: belajar; disiplin; IPS;pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 13:45
Last Modified: 15 Jan 2018 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29117

Actions (login required)

View Item View Item