PEMETAAN BAHASA JAWA DI KABUPATEN PURBALINGGA (KAJIAN DIALEKTOLOGI)


Dwi Haryadi, 2611411024 (2015) PEMETAAN BAHASA JAWA DI KABUPATEN PURBALINGGA (KAJIAN DIALEKTOLOGI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2611411024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (265kB) | Preview

Abstract

Mayoritas masyarakat di Kabupaten Purbalingga setiap hari bersosialisasi menggunakan bahasa Jawa dialek Banyumas. Ada yang menarik di Kabupaten Purbalingga yaitu kecamatan satu dengan kecamatan lain ditemukan adanya perbedaan penggunaan bahasa walaupun sama-sama menggunakan dialek Banyumasan. Hal ini mungkin disebabkan perubahan fonologi, morfologi, sintaksis, semantis, serta penyerapan kosakata, dan penambahan fonem dari bahasa lain. Berdasarkan uraian tersebut, masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pemetaan bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga berdasarkan perhitungan perbedaan fonologi dan leksikon. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemetaan bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga dalam wujud peta bahasa atau peta dialek pada bidang fonologi dan leksikon. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan secara teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan secara teoretis menggunakan kajian dialektologi, sedangkan pendekatan metodologis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian yaitu wawancara dengan mengambil tiga responden dari masing-masing daerah penelitian. Titik pengamatan sejumlah enam kecamatan yaitu Kecamatan Karangrejo, Kecamatan Kalimanah, Kecamatan Purbalingga, Kecamatan Kutasari, Kecamatan Bukateja, dan Kecamatan Kejobong. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode padan. Pemaparan hasil analisis data menggunakan metode formal dan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan fonologi dan leksikon berdasarkan kajian dialektologi meliputi beberapa bagian: (i) verba, (ii) adjektiva, (iii) nomina, (iv) pronomina, (v) numeralia, (vi) adverbia, dan (vii) kata tugas. Bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga terdapat perbedaan yang meliputi perbedaan dialek berdasarkan dari hasil penghitungannya.. Berdasarkan hasil di atas, penelitian pemetaan bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga diharapkan dapat menambah kajian tentang bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga. Bagi peneliti di bidang bahasa, diharapkan dapat meneliti perbedaan fonologi dan leksikon maupun sistem kebahasaan lainnya dengan menggunakan kajian dialektologi pada titik pengamatan yang belum dikaji.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemetaan Bahasa Jawa, Kabupaten Purbalingga, Dialektologi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 13:35
Last Modified: 15 Jan 2018 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29110

Actions (login required)

View Item View Item