PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAYUNG KABUPATEN DEMAK
Zuhrotun Afiyah , 2101406619 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAYUNG KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAYUNG KABUPATEN DEMAK)
- Published Version
Download (947kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis puisi siswa SMP Negeri 2 Sayung Kabupaten Demak masih rendah. Hal ini disebabkan oleh metode dan media pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran. Peningkatan keterampilan menulis puisi perlu dilakukan dengan metode dan media yang tepat guna dan berdaya guna. Dalam hal ini guru sebagai fasilitator berperan penting memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran keterampilan menulis puisi. Metode examples non examples diharapkan tepat dalam peningkatan keterampilan menulis puisi. Permasalahan yang timbul pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam dengan metode examples non examples dan perubahan perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Sayung Kabupaten Demak setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi keindahan alam dengan metode examples non examples. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dan untuk mengetahui perubahan perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Sayung Kabupaten Demak setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi keindahan alam dengan metode examples non examples. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Sayung Kabupaten Demak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan siswa dalam menulis puisi, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi keindahn alam dengan metode examples non examples nilai rata-rata siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Sayung Kabupaten Demak mengalami peningkatan sebesar 13,36%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 68,82. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,02. Perubahan perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Sayung Kabupaten Demak menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis puisi keindahan alam dengan metode examples non examples, sehingga siswa lebih mudah menulis puisi. Simpulan penelitian ini adalah dengan metode examples non examples mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Sayung Kabupaten Demak. Saran yang peneliti sampaikan adalah guru hendaknya menggunakan metode yang menarik dalam pembelajaran menulis puisi keindahan alam, seperti metode examples non examples, sehingga siswa tidak merasa bosan. Selain itu objek yang dipilih dalam menulis puisi keindahan alam hendaknya disesuaikan dengan pengetahuan siswa. Untuk mendukung hasil penelitian ini perlu diadakan penelitian yang lebih luas menggunakan metode examples non examples.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan menulis puisi, metode Examples Non Examples, media objek langsung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2011 00:19 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2911 |
Actions (login required)
View Item |