PERILAKU BELAJAR AKTIVIS ORGANISASI INTRA KAMPUS (STUDI TERHADAP AKTIVIS HIMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI FIS UNNES)


Indah Rismitasari , 3501408050 (2015) PERILAKU BELAJAR AKTIVIS ORGANISASI INTRA KAMPUS (STUDI TERHADAP AKTIVIS HIMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI FIS UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3501408050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (609kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Semarang mempunyai andil besar dalam upaya pembangunan nasional serta diharapkan mampu menggerakkan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu mengelola negara dalam proses pembangunan. Pendidikan diupayakan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang cerdas, progresif, inovatif, kreatif serta mempunyai basis spiritualitas dan akhlak mulia, akan tetapi perananan lembaga pendidikan di setiap wilayah belum dapat dikatakan serupa dengan lembaga pendidikan yang lain jika tujuan dari lembaga tersebut dapat terlaksana. Organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus Unnes tidak hanya tertuju pada organisasi intra kampus saja, namun ada pula yang berminat dan menjadi anggota organisasi ekstra kampus.Salah satu Organisasi intra kampus ada di bawah Jurusan adalah Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi. Peran Hima yang berpartisipasi dalam kegiatan intra kampus merupakan tempat organisasi intra kampus yang terkecil serta mewadahi berbagai program kegiatan Lembaga di tingkat Jurusan Sosiologi dan Antropologi. Hima Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi bertujuan membentuk dan meningkatkan mahasiswa yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berintelektual, progresif, memiliki integritas, berwawasan ilmiah, berbudi pekerti luhur, dan berkepedulian sosial. Mengembangkan bakat, minat, dan kreativitas, serta membentuk mahasiswa Sosiologi dan Antropologi yang menjunjung tinggi profesionalitas tanpa menghilangkan asas kekeluargaan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil lokasi di Hima Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi. Fokus penilitian ini adalah: (1) perilaku aktivis Hima Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES; (2) hambatan aktivis Hima Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES dalam belajar di kampus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inidengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penilitian bahwa, 1) motivasi mahasiswa aktivis mengikuti kegiatan organisasi adalah ingin menambah pengalaman dan ilmu dalam berorganisasi, mengisi waktu luang, ingin menambah teman dan jaringan, serta ingin memperdalam kemampuan berorganisasi; 2) Peneliti mengidentifikasi ada 2 (dua) hal pengaruh kegiatan kemahasiswan terhadap prestasi yaitu peningkatan prestasi dan penurunan prestasi. Mahasiswa yang IPKnya mengalami peningkatan selama mengikuti kegiatan kemahasiswaan mengungkapkan bahwa naiknya IPK disebabkan oleh beberapa hal yaitu: 1) mengikuti kegiatan kemahasiswaan, karena) Mahasiswa aktivis merasa selama mengikuti kegiatan kemahasiswaan mendapatkan pengalaman-pengalaman dan ilmu-ilmu dari teman-teman sesama aktivis. b) mahasiswa aktivis mempunyai pemikiran yang matang, dewasa dan kritis sehingga bisa membantu dalam kegiatan perkualiahan. c) dengan berorganisasi dapat menemukan solusi dari kesulitan yang dialami selama perkuliahan; 3) Sedangkan mahasiswa yang IPKnya mengalami penurunan selama mengikuti kegiatan kemahasiswaan mengungkapkan bahwa turunnya IPK disebabkan karena mahasiswa belum bisa membagi waktu antara kuliah dengan kegiatan organisasi. Mereka cenderung mengorbankan salah satu dari kegiatan tersebut, dan kebanyakan kegiatan akademik yang selalu dikorbankan. Misal, sering ijin tidak mengikuti kuliah demi karena ada agenda atau acara di organisasinya. Selain itu karena adanya masalah intern atau masalah pribadi yang dialami oleh aktivis sehingga mempengaruhi turunnya prestasi. Saran untuk mahasiswa, agar bisa aktif dalam organisasi dan dalam kuliah yang dilakukan seimbang dalam melakukan aktivitas keduanya. Mahasiswa tidak boleh melupakan kegiatan dalam ruang perkuliahan yang harus dipersiapkan dengan baik yaitu dengan cara melakukan persiapan sebelum kuliah, baik materi atau persiapan secara fisik, mengerjakan tugas yang diberikan dosen, dan melakukan evaluasi setelah kuliah selesai. Untuk Universitas, agar memberikan dukungan penuh terhadap aktivitas yang dilakukan mahasiswa dalam upaya pengembangan kegiatan ekstrakurikuler dan juga dalam upaya meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Belajar, Aktivis Organisasi Intra Kampus
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Lifestyle
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 14:20
Last Modified: 12 Jan 2018 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29100

Actions (login required)

View Item View Item