Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional Terhadap Instansi Pemerintah Pada Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa tengah.

Cahyoko, 3351302508 (2005) Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional Terhadap Instansi Pemerintah Pada Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional Terhadap Instansi Pemerintah Pada Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa tengah.) - Published Version
Download (244Kb)

    Abstract

    BPKP adalah sebuah lembaga Pemerintahan non Departemen yang bertanggungjawab langsung kepada Presiden. BPKP mempunyai tugas melaksanakan pengawasan keuangan dan pembangunan serta penyelenggaraan akuntabilitas di daerah sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku. BPKP diberikan kepercayaan oleh pemerintah untuk melaksanankan Audit Operasional terhadap Instansi Pemerintah baik pusat maupun daerah dan kemudian melaporkannya kepada pemerintah. Dalam pencapaian tujuannya Instasi Pemerintah perlu memperlihatkan kegiatan operasionalnya guna mempertanggungjawabkan atas segala kegiatan yang sifatnya operasional. Sehingga dalam pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuannya berjalan dengan baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Prosedur pelaksanaan Audit Operasional terhadap Instansi Pemerintah di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Bagaimana Peran Auditor pada Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Bagaimana pengendalian mutu dalam pelaksanaan Audit Operasional. Obyek kajian dalam penelitian ini adalah Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional terhadap Instansi Pemerintah pada Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, observasi, kajian pustaka. Metode analisis data yaitu analisis kualitatif, yaitu analisis yang tidak didasarkan pada perhitungan statistik yang berbentuk kwalitatif (jumlah), dan disajikan secara sistematis. Dalam pelaksanaan audit operasional terhadap Instansi Pemerintah yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah meliputi lima tahap yaitu : Persiapan Audit, Pengujian Pengendalian Manajemen, Pemeriksaan Lanjutan, Pelaporan Hasil Audit, dan Pemeriksaan Tindak Lanjut Temuan Hasil Audit. Untuk menjamin kualitas dari hasil audit maka BPKP mengguanakan Formulir Kendali mutu. Formulir Kendali Mutu yang ada pada BPKP untuk audit operasioanal meliputi formulir KM_1 sampai KM_12. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa dalam prosedur pelaksanaan Audit Operasional terhadap Instansi Pemerintah yang dilakukan oleh Kantor perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah sudah cukup baik sesuai dengan pedoman pemeriksaan operasional yang telah dibuat oleh BPKP Pusat. Dari hasil penelitian di atas diharapkan agar Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah dalam melaksanakan Audit Operasional terhadap instansi Pemerintah menggunakan semua Folmulir Kendali mutu yang ada dan meningkatkan kinerja dalam Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Prosedur, Pelaksanaan, Audit Operasional
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Mar 2011 03:07
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:57

    Actions (login required)

    View Item