KEBERADAAN AJARAN BATHARA KATONG DI KALIWUNGU KENDAL


Fella Sufa Nimasnuning Nur Uyun , 2601411065 (2015) KEBERADAAN AJARAN BATHARA KATONG DI KALIWUNGU KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (503kB) | Preview

Abstract

Bathara Katong merupakan salah satu leluhur yang menyiarkan agama Islam di Kaliwungu. Penghargaan Kaliwungu sebagai kota santri tidak terlepas dari peran penting Bathara Katong, warna masyarakat Kaliwungu yang terkesan religius hingga saat ini merupakan salah satu pengaruh ajaran Bathara Katong. Hal yang dibahas dalam penelitian ini yaitu apa saja ajaran Bathara Katong di Kaliwungu, bagaimana bentuk, fungsi, dan makna ajarannya, serta bagaimana keberadaan ajarannya di Kaliwungu. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi ajaran Bathara Katong di Kaliwungu, mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan makna ajarannya, mendeskripsikan keberadaan ajarannya di Kaliwungu. Data penelitian ini berupa ajaran Bathara Katong yaitu tradisi lisan dan tradisi bukan lisan. Sumber data penelitian ini adalah data dari informan yaitu juru kunci makam Sunan Katong di Kaliwungu, juru kunci tempat sembahyang Sunan Ampel (nama lain Sunan Katong) di Kendal kota, tokoh masyarakat Kaliwungu, tokoh masyarakat Kendal, dan masyarakat umum Kaliwungu. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu ajaran Bathara Katong di Kaliwungu ada yang masih rutin dijalankan, dan ada yang sudah jarang dilaksanakan, namun sebagian besar masyarakat Kaliwungu tidak mengetahui bahwa ajaran tersebut merupakan ajaran Bathara Katong. Ajaran Bathara Katong di Kaliwungu sepatutnya tetap ada dan dilestarikan tidak hanya oleh masyarakat umum Kaliwungu namun juga oleh tokoh masyarakat, masyarakat Kaliwungu seharusnya berani mengakui bahwa warna masyarakat Kaliwungu hingga saat ini merupakan hasil perjuangan leluhur seperti Bathara Katong.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bathara Katong, Kaliwungu Kendal.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 12 Jan 2018 14:17
Last Modified: 12 Jan 2018 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29099

Actions (login required)

View Item View Item