PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN SISWA KELAS V SD NEGERI BANDENGAN JEPARA


Novarifatul Awwaliyah , 1401412473 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN SISWA KELAS V SD NEGERI BANDENGAN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412473.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (584kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara tentang proses pembelajaran, pembelajaran menggunakan metode ceramah menurut guru efektif daripada model lain. Walaupun demikian, data dokumen nilai rata-rata klasikal menunjukkan 44% siswa mendapat nilai dibawah KKM. Dalam metode ceramah dominasi pembelajaran dilakukan oleh guru sehingga memicu siswa untuk berbicara sendiri saat pembelajaran. Implementasi model CIRCmemberikan kesempatan siswa bebas berpendapat sehingga memicu partisipasi aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran CIRC berpengaruh terhadap keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V SD Negeri Bandengan Jepara? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Terhadap Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas V SD Negeri Bandengan Jepara. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah QuasiExperimental-Nonequivalen Control Group Design. Subjek penelitian terdiri atas 77 siswa yang terbentuk dalam 35 siswa kelas kontrol dan 42 siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel bebas yang digunakan adalah model pembelajaran CIRC, variabel terikatnya adalah keterampilan menulis ringkasan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan rubrik keterampilan menulis ringkasan. Data hasil keterampilan menulis dianalisis r product moment dengan uji independen t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen sebesar 85,19 dan mean posttest kelompok kontrol sebesar 67,77. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (7,084) > ttabel (1,992). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition berpengaruh terhadap keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V SD Negeri Bandengan. Saran yang dapat disampaikan hendaknya guru memilih pembelajaran yang tepat agar siswa tertarik dalam kegiatan belajar mengajar sehingga mengoptimalkan ketuntasanbelajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penelitian eksperimen, keterampilan menulis ringkasan, model pembelajaran cooperative integrated reading and composition
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:45
Last Modified: 15 May 2019 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item