PENGEMBANGAN MEDIA MEMBACA DONGENG MENGGUNAKAN VIDEO STOP MOTION BERDIALEK BANYUMAS UNTUK SEKOLAH DASAR


Rizky Dian Rahayu , 2601411060 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MEMBACA DONGENG MENGGUNAKAN VIDEO STOP MOTION BERDIALEK BANYUMAS UNTUK SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (668kB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca dongeng merupakan salah satu kompetensi dasar dalam pembelajaran Bahasa Jawa tingkat sekolah dasar. Siswa sekolah dasar di Kecamatan Kedungbanteng mengalami kesulitan dalam pembelajaran tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh kurang dikembangkannya media membaca dongeng yang menarik dan sesuai dengan pembelajaran bahasa Jawa. Maka dari itu, perlu disusun media membaca dongeng yang menarik bagi siswa dan sesuai dengan pembelajaran bahasa Jawa. Berdasarkan uraian di atas fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana kebutuhan siswa dan guru terhadap video stop motion dongeng berbahasa Jawa sebagai media pembelajaran membaca dongeng SD, bagaimana prototipe video stop motion dongeng berbahasa Jawa, bagaimana validasi ahli terhadap video stop motion dongeng berbahasa Jawa, dan bagaimana revisi terhadap video stop motion dongeng berbahasa Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap video stop motion dongeng berbahasa Jawa sebagai media pembelajaran membaca dongeng SD, menyusun prototipe video stop motion dongeng berbahasa Jawa, mendeskripsikan validasi ahli terhadap video stop motion dongeng berbahasa Jawa, dan mendeskripsikan hasil revisi terhadap video stop motion dongeng berbahasa Jawa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Sumber data penelitian ini adalah guru, siswa dan ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil akhir penelitian ini adalah media pembelajaran membaca dongeng berupa video stop motion dongeng bahasa Jawa. Prototipe media video stop motion dongeng bahasa Jawa disusun berdasarkan angket kebutuhan guru dan siswa di Kecamatan Kedungbanteng. Hasil media kemudian diuji validasi oleh ahli materi dan desain. Setelah proses uji validasi ahli, media video stop motion dongeng bahasa Jawa diperbaiki sesuai dengan saran dan masukan ahli sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dengan kompetensi dasar membaca dongeng sekolah dasar berdialek Banyumas. Harapan setelah video stop motion dongeng berbahasa Jawa disusun adalah video stop motion cerita dongeng dapat digunakan sebagai media pembelajaran dengan kompetensi dasar membaca dongeng sekolah dasar berdialek Banyumas. Kemudian, Video stop motion cerita dongeng diharapkan dapat ditindaklanjuti dalam bentuk penelitian lanjutan untuk menguji keefektifannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, membaca, dongeng, video stop motion
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 12 Jan 2018 14:01
Last Modified: 12 Jan 2018 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29091

Actions (login required)

View Item View Item