KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 01 SEMARANG
Rindow Esa Valencia , 1401412472 (2016) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (507kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di SDN Pudakpayung 01 Semarang, diketahui bahwa metode guru dalam pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi. Metode ini kurang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran sehingga partisipasi siswa menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi menyikapi pengaruh globalisasi dengan metode pembelajaran CRH di siswa kelas IV SDN Pudakpayung 01 Semarang? (2) Apakah metode pembelajaran CRH lebih efektif bila dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi terhadap hasil belajar PKn materi menyikapi pengaruh globalisasi siswa kelas IV SDN Pudakpayung 01 Semarang?. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan metode pembelajaran CRH dan keefektifan penggunaan metode pembelajaran CRH terhadap hasil belajar PKn materi menyikapi pengaruh globalisasi siswa kelas IV SDN Pudakpayung 01 Semarang. Jenis penelitian adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 85 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Sampel diambil dari subjek populasi yang terdiri dari 44 siswa kelas IVA (kelompok eksperimen) dan 41 siswa kelas IVB (kelompok kontrol). Variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Variabel bebasnya adalah metode CRH. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan untuk aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CRH efektif secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pudakpayung 01 Semarang pada mata pelajaran PKn. Aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai kriteria baik sedangkan di kelas kontrol hanya sampai pada kriteria cukup. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen sebesar 84,75 dan mean posttest kelompok kontrol sebesar 71,2. Hal ini menunjukkan indeks gain kelas kontrol sebesar 0,52 dengan kriteria sedang dan untuk kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,71 yang termasuk dalam kriteria tinggi Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (4,512) > ttabel (1,988) berarti bahwa metode CRH efektif terhadap hasil belajar PKn dan nilaiSig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,001. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektivan, Metode Course Review Horay, dan Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 May 2019 13:45 |
Last Modified: | 15 May 2019 13:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29089 |
Actions (login required)
View Item |