PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN AJIBARANG


Apriliana Dwi Hidayati , 3401412166 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN AJIBARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412166.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (534kB) | Preview

Abstract

Alternatif baru dari perkembangan model serta metode pembelajaran di zaman modern akibat perkembangan teknologi kemudian memunculkan model pembelajaran baru yang memanfaatkan teknologi informasi serta jaringannya atau disebut pembelajaran berbasis internet. Tujuan penelitian: 1) mengetahui alasan mengapa SMAN Ajibarang menerapkan model pembelajaran berbasis internet khususnya pada mata pelajaran Sosiologi; 2) mengetahui penerapan pembelajaran berbasis internet pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN Ajibarang; 3)mengetahui hambatan yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran berbasis internet pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN Ajibarang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru sosiologi dan siswa kelas XI IIS 3. Teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data sederhana. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran kontruktivisme Papert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) alasan sekolah tersebut menerapkan pembelajaran berbasis internet antara lain tuntutan RSBI, kebijakan pemerintah, minat siswa dalam belajar, menambah referensi, dan praktis; 2) penerapan model pembelajaran berbasis internet dibagi menjadi dua yaitu elearning serta quipper school. Penerapan e-learning maupun quipper sama-sama mencakup tiga hal yaitu persiapan, pelaksanaan serta evaluasi. Adapun perbedaanya terletak pada penerapannya, meskipun sama-sama memanfaatkan jaringan namun pada sistem e-learning tidak dapat dimonitoring penggunaanya, berbeda dengan quipper school yang dapat dipantau pelaksanaannya akan terlihat siapa yang sudah mengakses dan siapa yang belum mengakses, selain itu untuk mengakses quipper harus minta terlebih dahulu username atau pin kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan karena pin dari masing-masing guru mata pelajaran berbeda; 3) hambatan yang dialami: ketidaksiapan sumber daya manusia, kurangnya sarana dan prasarana, penghapusan mata pelajaran TIK. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan saran sebagai berikut: bagi sekolah agar lebih memperhatikan kondisi dan kesiapan SDM serta fasilitas yang ada. Perlu adanya alat evaluasi yang jelas serta tepat agar dapat mengetahui keefektivitasan suatu program dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Internet, Sosiologi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Lifestyle
L Education > Special Education > Education technology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 13:32
Last Modified: 12 Jan 2018 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29087

Actions (login required)

View Item View Item