KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOSARI LOR 03 KABUPATEN TEGAL


Feri Andrianto , 1401412468 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOSARI LOR 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412468.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (507kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran SBK merupakan pembelajaran yang sulit bagi siswa karena siswa tidak memiliki ketrampilan menggambar selain itu dalam pembelajaran tiduk menggunakan media yang menarik, hal ini menyebabkan kurangnya antusias bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran SBK yang berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Pembelajaran SBK di SD diarahkan pada perolehan kompetensi hasil belajar siswa yang beraspek pengetahuan ketrampilan dasar seni dengan kemampuan kepekaan untuk mencapai kreativitas. Maka dari itu melalui pembelajaran SBK diharapkan siswa dapat mengembangkan kreativitasnya agar dalam pembelajaran aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat lebih baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan media berupa video dalam pembelajaran SBK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran video dibandingkan media gambar pada materi menggambar ilustrasi di kelas V SD Negeri Harjosari Lor 03 Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalentcontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 57 siswa, terdiri dari 28 siswa kelas VA dan 29 siswa kelas VB. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, oleh karena itu seluruh siswa kelas V akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran video dengan yang menggunakan media pembelajaran gambar dan mengetahui keefektifan media pembelajaran video terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan uji Independent Samples T Test, nilai thitung (4,890) > ttabel (2,004) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan uji One Sampel T Test thitung (3,347) > ttabel(2,048). Sedangkan hasil penelitian uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa nilai thitung (4,307) > ttabel (2,004) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji One Sampel T Test thitung (3,234) > ttabel (2,048). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis video terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar menggambar ilustrasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar; hasil belajar; media video
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:45
Last Modified: 15 May 2019 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29086

Actions (login required)

View Item View Item