HUBUNGAN PEMANFAATAN WAKTU LUANG DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS NYAI AGENG SERANG KOTA SEMARANG


Dias Okwirayanto Nugroho , 1401412467 (2016) HUBUNGAN PEMANFAATAN WAKTU LUANG DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS NYAI AGENG SERANG KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penggunaan waktu yang belum efektif dan pergaulan siswa yang semakin negatif dapat mempengaruhi minat siswa dalam melakukan aktivitasnya, termasuk aktivitas belajarnya. Oleh karena itu, siswa yang dapat memanfaatkan waktu luangnya dan bergaul dengan baik bersama teman sebaya dapat menentukan hasil belajarnya. Sehingga, perlu dilakukan penelitian ini yang tujuannya untuk menguji hubungan antara pemanfaatan waktu luang dan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Nyai Ageng Serang Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 176 siswa. Ukuran sampel ditentukan menggunakan nomogram Harry King dengan alfa 5%, sehingga dari 176 siswa didapat ukuran sampel berjumlah 126 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, dan regresi ganda. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan cara uji Liliefors, uji liniearitas dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan signifikan antara pemanfaatan waktu luang dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama dengan hasil belajar ditunjukkan dengan harga rhitung > rtabel (0,605 > 0,176) dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,355 (35,5%), hal ini menunjukkan bahwa 35,5 % variasi hasil belajar siswa dapat ditentukan oleh variabel pemanfaatan waktu luang dan pergaulan teman sebaya. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan waktu luang dan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Nyai Ageng Serang Kota Semarang. Oleh karena itu, pendidik dan orang tua bisa memaksimalkan waktu yang di miliki anak untuk kegiatan yang positif dan mengawasi pergaulan dengan temannya agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Waktu Luang, Teman Sebaya dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:41
Last Modified: 19 Jan 2018 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29085

Actions (login required)

View Item View Item