PERAN PEMBINA DALAM KEGIATAN ORGANISASI PRAMUKA DI SMA NEGERI 4 MAGELANG
Hanifah Tri Lestari , 3401412162 (2016) PERAN PEMBINA DALAM KEGIATAN ORGANISASI PRAMUKA DI SMA NEGERI 4 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (401kB) | Preview |
Abstract
SMA Negeri 4 Magelang dengan kegiatan Pramukanya yang banyak menghasilkan prestasi baik tingkat Kota, Kedu maupun Provinsi. Pramuka sebagai satu-satunya ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh semua peserta didik sekaligus sebagai wadah melatih kedisiplinan yang hal ini sesuai dengan misi yang dijalankan oleh SMA Negeri 4 Magelang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan pramuka di SMA N 4 Magelang. (2) Mengetahui peran pembina dalam kegiatan pramuka di SMA N 4 Magelang. (3) Mengetahui dukungan dan hambatan pembina pramuka dalam menjalankan perannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 4 Magelang. dengan subjek penelitian yaitu Pembina Pramuka SMA Negeri 4 Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pembina pramuka dalam kegiatan pramuka di SMA Negeri 4 Magelang, terdapat perbedaan, pembina yang memiliki sertifikat lebih aktif dan terjun langsung dalam kegiatan dan lebih bertanggung jawab terhadap tugasnya sebagai pembina. Sedang peran pembina yang belum memiliki sertifikat cenderung pasif dan kurang memiliki kemampuan dalam program pembinaan. sehingga secara lingkungan peran seseorang dalam hal ini sesuai dengan tanggung jawab yang melekat pada seseorang tersebut, sehingga tugas tersebut belum terpenuhi oleh pembina yang belum memiliki sertifikat. Dalam pencapaian prestasi anggota bantara SMA Negeri 4 Magelang selalu meraih prestasi karena termotivasi pada perjuangan mereka bersama-sama dalam kepramukaan, dalam hal ini peran pembina sangat sedikit. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Bagi pembina pramuka SMA Negeri 4 Magelang agar dalam pencapaian prestasi dari anggota bantara peran pembina lebih memerhatikan dengan memberikan pembinaan ketika ada perlombaan. Serta untuk pihak sekolah agar dalam memilih pembina pramuka sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pembina yang mempunyai pemahaman kepramukaan yang mumpuni. (2). Bagi anggota dewan ambalan dalam menghadapi hambatan seperti administrasi harus dilengkapi kembali, perlu diadakan pelatihan kesekretariatan agar dalam administrasi lebih rapi dan lengkap.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ektrakurikuler pramuka, Pembina Pramuka, Peran |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 12 Jan 2018 13:27 |
Last Modified: | 12 Jan 2018 13:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29084 |
Actions (login required)
View Item |