PELAKSANAAN PROGRAM LINTAS MINAT SOSIOLOGI PADA KURIKULUM 2013 (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X MIPA di SMA N 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016)


ATIQA NOER RACHMAWATI , 3401412161 (2016) PELAKSANAAN PROGRAM LINTAS MINAT SOSIOLOGI PADA KURIKULUM 2013 (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X MIPA di SMA N 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412161.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (527kB) | Preview

Abstract

Salah satu sekolah yang menetapkan Sosiologi sebagai mata pelajaran lintas minat adalah di SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes, namun hal tersebut ditetapkan hanya berdasarkan kesepakatan guru dan pihak sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pertimbangan sekolah dalam menetapkan sosiologi sebagai mata pelajaran lintas minat, prosedur pemilihan lintas minat sosiologi bagi siswa, pelaksanaan program lintas minat pada kurikulum 2013 pada siswa kelas X MIPA yang meliputi pelaksanaan pembelajaran, evaulasi pembelajaran, dan respon siswa pada mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Sosiologi Lintas Minat dan siswa kelas X MIPA. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian diketahui (1) Ada beberapa pertimbangan bagi sekolah dalam menetapkan sosiologi sebagai mata pelajaran Lintas Minat seperti ketersediaan guru, memenuhi kekurangan jam bagi guru sertifikasi, sumber belajar yang mudah diakses serta ketersediaan sarana dan prasarana. Hal ini membuat siswa merasa dipaksa guru untuk memilih mata pelajaran sosiologi. (2) prosedur pemilihan lintas minat sosiologi bagi siswa adalah dengan pertimbangan nilai raport dan nilai ujian nasional SMP/MTS, siswa mengisi angket lintas minat, dan pembagian rombel. (3) Pada pelaksanaan pembelajaran sosiologi lintas minat tidak terlihat siswa merasa terpaksa mengikuti pembelajaran, siswa justru terlihat berperan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran baik dari kegiatan awal, kegiatan inti, maupun kegiatan penutup. Suasana ketika kegiatan presentasi siswa berlangsug kondusif dan sesuai dengan tujuan pelajaran yang diharapkan guru. Saran yang diajukan antara lain: (1) Bagi sekolah, diharapkan mampu meningkatkan fasilitas pendukung pembelajaran bagi siswa. (2) Bagi guru, kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran serta mengelola kelas perlu ditingkatkan kembali sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. (3) Bagi peserta didik diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan ketika guru memberikan pemahaman tentang mata pelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru, Lintas Minat, Mata Pelajaran Sosiologi, Program, Siswa
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 13:21
Last Modified: 12 Jan 2018 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29083

Actions (login required)

View Item View Item