POLA PERILAKU NITOR BUNGA KAMBOJA DI AREA PEMAKAMAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus di Dusun Sumpilan Desa Adipala Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap)


Ety Sundari , 3401412151 (2016) POLA PERILAKU NITOR BUNGA KAMBOJA DI AREA PEMAKAMAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus di Dusun Sumpilan Desa Adipala Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412151.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (571kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Dusun Sumpilan mayoritas berprofesi sebagai pembuat bata merah. Meningkatnya harga bunga kamboja dan munculnya fenomena memungut bunga kamboja atau yang disebut dengan istilah nitor menjadikan perubahan pola perilaku pada masyarakat Dusun Sumpilan. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mengetahui profil orang yang melakukan nitor bunga kamboja di area pemakaman Dusun Sumpilan, Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap, (2) mengetahui alasan sebagian masyarakat Dusun Sumpilan melakukan nitor bunga kamboja, (3) mengetahui bagaimana pola perilaku nitor bunga kamboja (4) Dampak pola perilaku nitor bunga kamboja terhadap kondisi sosial ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di Dusun Sumpilan, Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Subjek penelitian ini terdiri dari informan utama dan informan pendukungyang terdiri dari pemungut bunga kamboja, juru kunci makam, pengepul bunga kamboja, kepala dusun, warga Dusun Sumpilan yang tidak melakukan nitor. Teknik pengumpulan data menggunakan Miles dan Huberman. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Analisis hasil penelitian ini menggunakan teori pertukaran jaringan dari Cook dan Whitmeyer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Alasan masyarakat melakukan nitor karena alasan ekonomi, alasan religi, serta letak area pemakaman yang strategis. (2) Pola perilaku nitor bunga kamboja yaitu terjadinya perubahan perilaku para pemungut bunga kamboja pada saat harga murah, kemudian tinggi dan kembali menurun. Hal tersebut juga mempengaruhi jumlah pemungut bunga kamboja (3) Dampak aktivitas nitor antara lain: masyarakat Dusun Sumpilan mempunyai cara mengisi waktu luang yang berbeda, terjadinya perubahan perilaku, perubahan mata pencaharian, dampak terhadap kondisi sosial masyarakat, perubahan tingkat pendapatan, perubahan makna bunga kamboja, perubahan kondisi area pemakaman, serta perubahan persepsi masyarakat terhadap area pemakaman. Saran yang dapat penulis sampaikan bagi pemerintah Desa Adipala sebagai bahan pertimbangan untuk membuat kebijakan yang mengatur serta mengontrol jual-beli bunga kamboja agar kesejahteraaan sosial ekonomi para pemungut bunga kamboja dapat meningkat, selain itu juga perlunya mencari relasi distributor lain agar harga bunga kamboja dapat meningkat kembali. Bagi juru kunci agar bisa memainkan peran jangan hanya menjadi mediator dalam ritual saja, tetapi juga sebagai regulator agar para pemungut bunga kamboja memiliki posisi tawar dengan distributor dalam jual-beli bunga kamboja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jaringan, Nitor, Pola Perilaku, Sosial Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 13:08
Last Modified: 12 Jan 2018 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29081

Actions (login required)

View Item View Item