MENINGKATKAN PENGUASAAN LAGU DENGAN METODE EAR TRAINING PADA PEMBELAJARAN EKSTRAKULIKULER KELAS VOKAL DI SD MONDIAL SEMARANG


Petrus Haning Tridhora Utomo , 2501411110 (2016) MENINGKATKAN PENGUASAAN LAGU DENGAN METODE EAR TRAINING PADA PEMBELAJARAN EKSTRAKULIKULER KELAS VOKAL DI SD MONDIAL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501411110.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ekstrakurikuler vokal adalah salah satu ekstrakurikuler yang diberikan di SD Mondial Semarang. Peneliti yang sekaligus guru di sekolah ini ingin sekali merubah cara mengajar vokal dengan metode yang tepat yang sebelumnya kemampuan menguasai lagu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler rendah karena tidak menggunakanya metode – metode mengajar. Maka dari itu harus mempunyai metode yang tepat dan asik untuk melatih kemampuan menguasai lagu siswa, agar siswa semakin meningkat, semangat dan cepat dalam menguasai lagu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode ear training dapat meningkatkan penguasaan lagu pada pembelajaran ekstrakurikuler kelas vokal di SD Mondial Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa ekstrakulikuler Vokal SD Mondial Kota Semarang. Siswa tersebut berjumlah 43 anak yang terdiri dari kelas 1 sampai 2 yang terdiri dari 18 anak dan kelas 3 sampai 5 yang terdiri dari 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes keterampilan vokal dan musikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan metode ear training pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di SD Mondial Semarang dapat meningkatkan kemampuan ketrampilan vokal dan kemampuan musikal. Berdasarkan indikator tersebut maka kemampuan penguasaan lagu siswa SD Mondial Semarang yang mengikuti ekstrakurikuler vokal dapat meningkat dengan pembelajaran metode ear training. Kondisi sebelum perlakuan siswa yang memiliki kemampuan baik vokal hanya 5 siswa meningkat setelah perlakuan pada siklus 2 menjadi 21 siswa. Adapun saran yang diberikan yaitu: Sekolah hendaknya menyediakan lab musik khusus agar siswa juga menjadi lebih berkonsentrasi dan lebih meningkat kemampuan vokalnya.Guru ekstrakurikuler hendaknya lebih meningkatkan penggunaan metode pembalajaran yang aktif agar kualitas vokal menjadi semakin meningkat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ear training, vokal, musikalitas
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 12 Jan 2018 12:03
Last Modified: 12 Jan 2018 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29075

Actions (login required)

View Item View Item