ADAPTASI ANAK BERPRESTASI PADA KELUARGA JARAK JAUH (Studi Kasus Keluarga Pekerja Sektor Informal di Desa Mandala Kec. Cimanggu Kab. Cilacap)


Ummi Nurul Fadillah , 3401412147 (2016) ADAPTASI ANAK BERPRESTASI PADA KELUARGA JARAK JAUH (Studi Kasus Keluarga Pekerja Sektor Informal di Desa Mandala Kec. Cimanggu Kab. Cilacap). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412147.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (735kB) | Preview

Abstract

Perkembangan anak baik secara mental, fisik, sosial, maupun intelektual harus diperhatikan dan dibangun sejak awal. Perkembangan anak ialah salah satu tanggung jawab orang tua, namun tidak semua orang tua dapat menjalankan tugas dan peran tersebut secara optimal, seperti yang dialami oleh para pekerja rantau di Desa Mandala yang harus meninggalkan anak. Tapi pada kenyataannya, beberapa anak yang memiliki kondisi demikian justru dapat survive baik secara fisik, sosial, mental, bahkan berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana adaptasi anak yang tinggal tanpa orang tua, dan (2) mengetahui hambatan yang dialami dalam proses adaptasinya. Penelitian ini berlokasi di Desa Mandala, Kec. Cimanggu Kab. Cilacap. Subjek dalam penelitian ini adalah keluarga pekerja sektor informal, sedangkan informan terdiri atas anak-anak dari orang tua pekerja sektor informal, wali maupun orang tua, guru kelas sekaligus guru les privat, dan teman-teman anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah ditinggalkan bekerja orang tua ke perantauan, (1) anak perlahan dapat beradaptasi dengan kondisi baru dengan belajar hidup mandiri yang meliputi belajar mandiri mengurus rumah tangga, belajar di les privat, mencari sosok pengganti orang tua, mengambil alih urusan menyangkut pendidikan, dan belajar ilmu agama di madrasah. Tindakan yang diambil dalam proses adaptasi anak dilaksanakan berdasarkan tujuan serta cara, pertimbangan nilai, emosi, dan kebiasaan. (2) Hambatan muncul dari faktor internal dan eksternal. Hambatan internal berupa perasaan ragu, takut, dan malu untuk memulai interaksi. Hambatan eksternal berupa pergaulan dengan teman sebaya yang mengarah pada hal negatif, penggunaan gadget yang kurang bijak, respon negatif masyarakat, serta kurangnya partisipasi aktif dari keluarga. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagi orang tua, melakukan koordinasi dengan wali, guru, guru les privat, guru mengaji, serta anak tentang semua perkembangan anak. (2) Bagi wali, posisikan diri sebagai orang tua ke-dua bagi anak. Baiknya, penuhi kebutuhan anak tidak hanya fisik, tetapi juga psikis. (3) Bagi anak bersikap lebih terbuka pada wali dan orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Anak, Hambatan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 17:54
Last Modified: 11 Jan 2018 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29072

Actions (login required)

View Item View Item