KAJIAN STRUKTUR DAN FUNGSI TARI SELENDANG PEMALANG (STUDI KASUS DI SANGGAR SENI KALOKA DESA PELUTAN KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG)


Tri Widyaningrum , 2501411096 (2016) KAJIAN STRUKTUR DAN FUNGSI TARI SELENDANG PEMALANG (STUDI KASUS DI SANGGAR SENI KALOKA DESA PELUTAN KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501411096.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (160kB) | Preview

Abstract

Tari Selendang Pemalang merupakan sebuah tarian khas dari Kabupaten Pemalang yang ditetapkan pada tanggal 17 September 2012. Tari Selendang Pemalang merupakan tarian di Kabupaten Pemalang yang bertujuan untuk menghibur dan menjadi kesenian asli Kabupaten Pemalang. Tari Selendang Pemalang memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dilihat melalui tata hubungan elemen-elemen gerak, iringan, dan tata rias dan busana. Tari Selendang Pemalang mempunyai nilai keindahan di setiap elemen-elemennya. Rumusan masalah yang diambil dalam kajian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana Struktur tari Selendang Pemalang, (2) Bagaimana Fungsi tari Selendang Pemalang yang ada di Kabupaten Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, dan memahami tentang: (1) Tata hubungan tari Selendang Pemalang, (2) Fungsi tari Selendang Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etik dan emik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode (1) wawamcara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Metode analisis data yang digunakan adalah teori Adshead yang prosesnya dibagi menjadi empat tahap yaitu (1) mengenali dan mendiskripsikan komponenkomponen pertunjukan, (2) memahami hubungan antara komponen dengan pertunjukan, (3) melakukan interpretasi, dan (4) melakukan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur tari Selendang Pemalang dibagi menjadi 6 bagian yaitu: (1) pola pertunjukan tari Selendang Pemalang yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian awal (pembuka), bagian tengah (inti), dan bagian akhir (penutup), (2) deskripsi gerak, tari ini memiliki 13 ragam gerak yang dikelompokan dalam pola pertunjukan, (3) tata rias wajah dan tata rias busana, (4) iringan, (5) tempat pentas atau panggung, (7) nilai keindahan. Pada tari Selendang Pemalang memberikan kesan lincah, lembut, dan kemayu seorang gadis yang bisa dilihat melalui elemen-elemen struktur tari Selendnag Pemalang. Tari Selendang Pemalang mempunyai fungsi primer (fungsi hiburan, fungsi pertunjukan(presentasi estetis) dan fungsi sekunder (fungsi ekonomi). Saran terkait tari selendang Pemalang adalah; Bagi penari tari Selendnag Pemalang hendaknya mengetahui tata hubungan dan fungsi dari tari Selendang Pemalang. Bagi pihak Sanggar Seni Kaloka untuk menyosialisasikan ke sanggarsanggar lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur, Fungsi, Tari Selendang Pemalang
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 11 Jan 2018 17:37
Last Modified: 11 Jan 2018 17:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29070

Actions (login required)

View Item View Item