PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PERATURAN ETIKA PERGAULAN (Studi Kasus di Asrama Darunnajah Putri MAN 1 Magelang)


Nur Hamidah , 3401412135 (2016) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PERATURAN ETIKA PERGAULAN (Studi Kasus di Asrama Darunnajah Putri MAN 1 Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412135.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (515kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaran pendidikan dan upaya-upaya untuk mengembangkan karakter serta budi pekerti pada peserta didik telah dilakukan, namun disisi lain masih ditemukan kasus-kasus kriminal. Kondisi seperti itu menunjukkan masih adanya ketimpangan antara upaya pendidikan karakter dan banyaknya penyimpangan sosial. Hal tersebut menjadi alasan perlunya meneliti pelaksanaan pendidikan karakter, yang berjudul “Pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui Peraturan Etika Pergaulan di Asrama Darunnajah Putri MAN 1 Magelang. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui peraturan etika pergaulan? (2) Bagaimana nilai karakter yang terbentuk dalam pendidikan karakter melalui peraturan etika pergaulan? (3) Bagaimana respon peserta didik terhadap peraturan etika pergaulan? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter melalui peraturan etika pergaulan di Asrama Darunnajah Putri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah Asrama Darunnajah Putri MAN 1 Magelang dengan subjek penelitian yaitu peserta didik Asrama Darunnajah putri. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tersetruktur, observasi tidak terstruktur,wawancara semistruktur, wawancara tersetruktur, dan dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi / menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan peraturan memerlukan berbagai tahap guna keterimaan peraturan dari berbagai pihak. (2) Terbentuk karakter melalui peraturan etika pergaulan yang dijalankan oleh peserta didik, seperti disiplin, jujur, kesadaran moral, toleransi, terbuka dsb. (3) Respon peserta didik yang berbeda, ada yang menerima dan ada yang terpaksa melaksanakan peraturan etika pergaulan. Pendidikan karakter tersebut masih saja ditemukan kekurangan yang dikaji dengan Teori dramaturgi Goffman mengenai pelaksanaan peraturan etika pergaulan, dimana peserta didik akan patuh dan taat pada peraturan ketika berada di depan pengurus ataupun pengasuh. Namun disisi lain, mereka melakukan hal yang melanggar peraturan etika pergaulan seperti melanggar penggunaan facebook di sekolah, berpacaran, membawa handphone dsb. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagi pengasuh dan pengurus asrama Darunnajah Putri untuk tetap meningkatkan pengawasan pada peserta didik. (2) Bagi peserta didik untuk lebih meningkatkan kedisiplinan mentaati peraturan. (3) Bagi guru kelas MAN 1 Magelang agar meningkatkan konsep pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etika Pergaulan, Karakter, Peraturan, Peserta Didik
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Islamic Boarding School
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 15:17
Last Modified: 11 Jan 2018 15:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29065

Actions (login required)

View Item View Item