EKSTRAKURIKULER TARI TOPENG IRENG SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 2 KOTA MAGELANG


Lina Setyowati , 3401412134 (2016) EKSTRAKURIKULER TARI TOPENG IRENG SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 2 KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412134.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (456kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi membawa pengaruh positif maupun negatif. Pengaruh negatif tersebut salah satunya penyimpangan remaja. Hal ini sangat rentan terjadi pada pelajar, dengan demikian pendidikan karakter sangat penting dilaksanakan di dunia pendidikan. Pendidikan karakter disekolah biasanya dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, namun SMA Negeri 2 Kota Magelang menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan yang menyenangkan dan menarik pada sebuah ekstrakurikuler tari topeng ireng. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui latar belakang pelaksanaan ekstrakurikuler tari topeng ireng di SMA Negeri 2 Kota Magelang. 2) Untuk mengetahui nilai-nilai yang akan dibentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler tari topeng ireng. 3) Untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler tari topeng ireng di SMA Negeri 2 Kota Magelang. 4) Untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler tari topeng ireng terhadap penanaman nilai-nilai karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 2 Kota Magelang. Informan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 2 Kota Magelang yang mengikuti dan tidak mengikuti ektrakurikuler Tari Topeng Ireng dan guru pembimbing ekstrakurikuler Tari Topeng Ireng. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa SMA Negeri 2 Kota Magelang menjadikan tari topeng ireng sebagai ekstrakurikuler di sekolah karena animo masyarakat terhadap tari topeng ireng tinggi. Nilai-nilai karakter yang ingin disampaikan dalam ekstrakurikuler ini yaitu disiplin, rasa percaya diri dan optimis, memiliki rasa empati, jujur, tanggung jawab, kerjasama dan kreatif. Nilai-nilai karakter ini dikembangkan melalui pelaksanaan ekstrakurikuler tari topeng ireng yang melalui tiga tahap yaitu perekrutan anggota, kegiatan rutin latihan tari dan pementasan serta evaluasi. Pendidikan karakter yang dikembangkan dalam kegiatan ekstrakurikuler tari topeng ireng dapat tercermin melalui karakter bertanggung jawab, jujur, kerjasama dan kreatifitas yang dapat diimplementasikan siswa di sekolah. Saran-saran yang diberikan adalah 1) Pementasan tari topeng ireng di SMA Negeri 2 Kota Magelang diperbanyak. 2) Penambahan anggota ekstrakurikuler tari topeng ireng agar lebih banyak lagi yang menginspirasi. 3) Sekolah dapat mengundang orang tua pada setiap pementasan agar orang tua juga tau pengaruh anaknya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari topeng ireng ini berdampak baik berkaitan dengan karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tari Topeng Ireng, Sarana, Pendidikan Karakter
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 15:05
Last Modified: 11 Jan 2018 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29064

Actions (login required)

View Item View Item