PEMBELAJARAN APRESIASI SENI MUSIK KELAS VIIA SMP NEGERI 1 WELAHAN
Muhammad Sa’dullah, 2501411037 (2016) PEMBELAJARAN APRESIASI SENI MUSIK KELAS VIIA SMP NEGERI 1 WELAHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (430kB) | Preview |
Abstract
Sekolah yang terletak di Jalan Raya Gotri-Kalipucang, Welahan, Jepara.. SMP Negeri 1 Welahan sejak tahun pelajaran 2005/2006 menjadi Sekolah Standar Nasional berdasarkan Surat Keputusan Diorektur Pendidikan Lanjutan Pertama Nomor : 960/C3/Kp/2005 tanggal 19 Juli 2005. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran apresiasi seni musik kelas VIIA SMP Negeri 1 Welahan. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Welahan dengan sasaran penelitian pembelajaran apresiasi mata pelajaran seni musik tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara dan studi dokumen, Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data utamanya triangulasi data sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran apresiasi di SMP Negeri 1 Welahan terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan pembuatan RPP dan Silabus yang mengandung komponen pembelajaran seperti tujuan, bahan, media, metode, serta evaluasi, kemudian masuk kepada pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan awal yang dilaksnakan dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” serta penjelasan apresiasi kepada siswa, kegiatan inti dilaksnakan dengan pemutaran video lagu daerah dengan media proyektor, dan yang terakhir pada evaluasi meliputi pengukuran dan penilaian melalui tes untuk mendapatkan nilai akhir siswa. Peneliti memberi saran tentang perencanaan kepada sekolah untuk lebih memperhatikan kelengkapan perangkat pengajaran pembelajaran seperti prota dan promes. Kemudian dalam pelaksanaan baiknya disesuaikan dengan perencanaan yang telah dibuat baik materi maupun cara penyampaian, inovasi-inovasi dalam penyampaian juga dapat dilakukan agar siswa tidak jenuh dan tertarik dengan pembelajaran yang sedang berlangsung. Evaluasi pembelajaran baiknya dibuat aspekaspek penilaian yang lebih rinci, bukan hanya kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal dari guru namun juga bagaimana perubahan sikap apresiasi siswa dari sebelum dan sesudah mendapat materi apresiasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pembelajaran, apresiasi seni musik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 13:36 |
Last Modified: | 10 Jan 2018 13:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29034 |
Actions (login required)
View Item |