KAJIAN KOREOGRAFI TARI GAMBYONG TAYUB DI KABUPATEN BLORA


Siti Nur Aini , 2501411032 (2015) KAJIAN KOREOGRAFI TARI GAMBYONG TAYUB DI KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501411032.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (364kB) | Preview

Abstract

Tari Gambyong Tayub merupakan sebuah tarian rakyat dari Kabupaten Blora. Tari Gambyong Tayub merupakan tarian garapan atau tari kreasi kerakyatan yang telah dimodifikasi. Tari Gambyong Tayub mempunyai nilai keindahan yang dapat dilihat melalui bentuk tari yang berupa aspek pokok koreografi dan aspek pendukung koreografi. Rumusan masalah yang diambil yaitu Bagaimana koreografi Tari Gambyong Tayub dengan kajian pokok sebagai berikut: (1) Bagaimana bentuk koreografi Tari Gambyong Tayub di Kabupaten Blora, (2) Bagaimana proses koreografi Tari Gambyong Tayub di Kabupaten Blora, (3) Bagaimana niai estetis bentuk koreografi Tari Gambyong Tayub di Kabupaten Blora.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, memahami dan mendiskripsikan: (1) Bentuk koreografi Tari Gambyong Tayub di Kabupaten Blora, (2) Proses koreografi Tari Gambyong Tayub di Kabupaten Blora, (3) Nilai estetis bentuk koreografi Tari Gambyong Tayub di Kabupaten Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan pendekatan etik dan emik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Adshead yang membagi proses analisis kedalam empat tahap yaitu mengenali dan mendiskripsikan komponen pertunjukan, memahami komponen antar pertunjukan, menginterprestasi, dan melakukan evaluasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koreografi Tari Gambyong Tayub dibagi menjadi dua tahap yaitu proses koreografi Tari Gambyong Tayub dan bentuk koreografi Tari Gambyong Tayub. Bentuk penyajian Tari Gambyong Tayub di Kabupaten Blora memiliki 27 ragam gerak yang dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu bagian I (pembuka), bagian II (inti), dan bagian III (penutup). Pada gerakan tari Gambyong Tayub memberikan kesan lembut, lincah dan kuat yang dapat dilihat dari unsur gerak seperti unsur gerak kaki, unsur gerak tangan, unsur gerak badan dan unsur gerak kepala. Nilai estetis tari Gambyong Tayub dilihat melalui bentuk koreografi dan komponen pendukung koreografi. Hasil penelitian maka dapat disampaikan peneliti berkaitan dengan Tari Gambyong Tayub yaitu tarian tersebut memberikan kesan kelincahan dan kecentilan gadis yang menginjak remaja atau tarian yang didasarkan pada kehidupan sehari-hari. Nilai estetis dapat dilihat dari bentuk koreografi yang ix terdiri dari aspek gerak yaitu tenaga, ruang dan waktu. Komponen koreografi terdiri dari iringan, tata rias dan busana. Saran penulis untuk pencipta tari Gambyong Tayub hendaknya dapat mengembangkan lagi karya tarinya agar lebih menarik dan dapat diminati oleh masyarakat secara umum. Bagi generasi muda seharusnya lebih aktif dalam mempelajari dan melestarikan Tari Gambyong Tayub. Bagi pemerintah Kabupaten Blora hendaknya memperhatikan keadaan kesenian terutama kesenian tradisional yang berkembang di daerahnya dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana pendukung kesenian, terutama Tari Gambyong Tayub.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Koreografi, Estetika, Tari Gambyong Tayub
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 10 Jan 2018 13:21
Last Modified: 10 Jan 2018 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29030

Actions (login required)

View Item View Item