KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL 4K


Arinda Lailatul Karimah , 4101412109 (2016) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL 4K. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412109.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (300kB) | Preview

Abstract

Kualitas sebuah pembelajaran akan sangat mempengaruhi keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Sehingga evaluasi kualitas pembelajaran hendaknya dievaluasi secara rutin. Dari kualitas pembelajaran yang baik hendaknya dapat meningkatkan kemampuan dan karakter siswa. Salah satunya adalah kemampuan berpikir kreatif matematis dan karakter kerja keras siswa, yang merupakan aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh deskripsi kualitas pembelajaran matematika model 4K untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII melalui pembelajaran model 4K, (2) tingkat kemampuan berpikir kreatif, dan (3) memperoleh deskripsi karakter kerja keras siswakelas VII melalui pembelajaran model 4K. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah 5 siswa kelas VII B SMP Semesta Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang digunakan yaitu fluency, flexibility dan novelty, sedangkan indikator kerja keras antara lain mengerjakan semua tugas kelas selesai dengan baik pada waktu yang telah ditetapkan, tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar, dan selalu fokus dalam pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas pembelajaran model 4K dalam mendorong kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII B dalam kategori baik. (2) Subjek dengan TBK 4 (sangat kreatif) menguasai materi, memiliki pola pikir fleksibel, dan mampu berpikir cara baru. Pada TBK 3 (kreatif), subjek menguasai materi dan memiliki pola pikir fleksibel. Pada TBK 2 (cukup kreatif), subjek mampu berpikir cara baru. Pada TBK 1 (kurang kreatif), subjek menguasai materi, tetapi belum bisa bepikir fleksibel dan baru. Pada TBK 0 (tidak kreatif), subjek belum menguasai materi, belum bisa bepikir fleksibel dan baru. (3) siswa yang memiliki karakter kerja keras mulai menjadi kebiasaan ditemukan pada subjek dengan TBK 4 dan TBK 1, karakter kerja keras mulai berkembang ditemukan pada subjek dengan TBK 3 dan TBK 2, dan karakter kerja keras mulai terlihat ditemukan pada subjek dengan TBK 0. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru memberikan penekanan pada fase investigasi dan eksplorasi kolaboratif pada pembelajaran model 4K, dan melibatkan partisipasi siswa dengan karakter kerja keras mulai terlihat sebagai upaya untuk meningkatkan upaya dalam memahami materi dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model 4K, kemampuan berpikir kreatif,karakter kerja keras
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 13:15
Last Modified: 10 Jan 2018 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29028

Actions (login required)

View Item View Item