STRATEGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 34 SEMARANG


Ahadiah Ana Tamala , 2501411008 (2016) STRATEGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 34 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501411008.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (250kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan utama yang diterapkan di sekolah, dalam kegiatan pembelajaran guru memiliki strategi-strategi dan inovasi pembelajaran yang digunakan disetiap melakukan proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, dan mematahkan persepsi para siswa tentang pelajaran seni budaya khususnya seni musik bukanlah mata pelajaran yang boleh untuk dinomor duakan dari mata pelajaran umum yang lain. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Strategi dan Inovasi Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 34 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMP Negeri 34 Semarang. Sasaran penelitian ini adalah strategi dan inovasi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas meliputi strategi pembelajaran yang digunakan guru serta inovasi pembelajaran yang dilakukan guru. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian mengenai strategi dan inovasi pembelajaran seni musik di SMP Negeri 34 Semarang menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru di kelas adalah strategi pengelolaan kegiatan yang meliputi : (1) penyampaian materi, (2) peralatan atau media, dan (3) bahan serta waktu, selain beberapa strategi yang telah digunakan sebelumnya guru juga menggunakan strategi berbasis masalah (SPMB) sebagai metode pembelajaran di dalam kelas, dari strategi terdapat lima komponen yang ikut serta digunakan dalam kegiatan pembelajaran, lima komponen tersebut ialah tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media dan evaluasi. Sedangkan terdapat tiga model inovasi pembelajaran yang digunakan ialah inovasi pembelajaran kuantum, inovasi pembelajaran kompetensi dan inovasi pembelajaran kontekstual. Simpulan hasil penelitian yakni strategi pembelajaran pengelolaan kegiatan yang bertujuan agar kegiatan beklajar mengajar di dalam kelas lebih terarah dan tujuan digunakannya inovasi pembelajaran adalah agar menciptakan kesan baru untuk para siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran seni musik. Saran yang disampaikan yakni untuk sekolah agar lebih memperhatikan fasilitas alat-alat musik untuk para siswa, untuk guru lebih mengembangkan strategi pembelajaran yang sudah ada dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi, Inovasi, Pembelajaran, Seni Musik
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 10 Jan 2018 13:02
Last Modified: 10 Jan 2018 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29023

Actions (login required)

View Item View Item