EKSTRAKURIKULKER SENI TARI DI TK PGRI 08 PURWOYOSO KECAMATAN NGALIYAN KABUPATEN SEMARANG


Aisha Ariyadna Irawati , 2501411006 (2016) EKSTRAKURIKULKER SENI TARI DI TK PGRI 08 PURWOYOSO KECAMATAN NGALIYAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501411006.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (358kB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran sekolah yang dilakukan di sekolah dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana Ekstrakurikuler Seni Tari di TK PGRI 08 Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kabupaten Semarang. (2) bagaimana Hasil pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari di TK PGRI 08 Purwoyoso Kecamatan ngaliyan Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan Estrakurikuler Seni Tari di TK PGRI 08 Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kabupaten Semarang (2) mengetahui Hasil pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari di TK PGRI 08 Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, dimaksudkan untuk mendeskripsikan serta menguraikan tentang yang menggambarkan suasana dalam kelas. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data meliputi triangulasi dengan sumber, triangulasi pada metode, triangulasi pada teori. Hasil penelitian yang diperoleh dari Ekstrakurikuler Seni Tari di TK PGRI 08 Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kabupaten Semarang. meliputi 3 tahap, tahap pendahuluan diisi dengan persiapan guru sebelum mengajar, tahap kegiatan inti adalah pemberian materi gerak melalui ekstrakurikuler seni tari, dan kegaiatan penutup yaitu evaluasi siswa. Komponen pembelajaran yaitu meliputi guru, siswa, tujuan, bahan ajar, kegiatan ekstrakurikuler, metode pembelajaran, alat dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dalam ekstrakurikuler seni tari di TK PGRI 08 Purwoyoso yaitu meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotorik siswa. Saran yang dapat peneliti berikan bagi guru lebih sabar menghadapi siswa, dan memotivasinya agar bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tari. Bagi siswa yang diharapkan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran tari, sehingga nilai siswa bisa tercapai dengan baik dan orang tua lebih mendukung anaknya di bidang kesenian. Bagi sekolah TK PGRI 08 Purwoyoso diharapkan memberikan sarana dan prasarana yang lebih lengkap untuk menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ekstrakurikuler Seni Tari, Hasil Ekstrakurikuler Seni Tari
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:54
Last Modified: 10 Jan 2018 12:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29020

Actions (login required)

View Item View Item