MANAJEMEN PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Pada Lembaga PAUD di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang)


Laeli Mubaridah , 1601411050 (2016) MANAJEMEN PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Pada Lembaga PAUD di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601411050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (852kB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan kegiatan mengenalkan produk kepada konsumen dengan tujuan konsumen tertarik terhadap produk tersebut dan akan membelinya. Penelitian ini mendiskripsikan bagaimana manajemen pemasaran PAUD, faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat pemasaran di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam menghimpun data. Teknik analisis data dengan model interaktif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data manajemen pemasaran PAUD di Kecamatan Bodeh yaitu dengan menggunakan cara: sosialisasi dalam kegiatan PPK, sosialisasi dalam kegiatan pengajian, sosialisasi dalam kegiatan posyandu dan door to door. Dalam pemasaran PAUD di Kecamatan Bodeh, hal ini di dukung oleh faktor: peningkatan sarana dan prasarana (tidak memiliki apa-apa menjadi memiliki gedung dan APE), peningkatan pendidikan guru (banyak yang mengikuti pendidikan S1) dan tidak adanya persaingan dengan lembaga lain di desa tersebut. Sedangkan faktor penghambat yaitu: karena orang tua belum sadar akan pentingnya Pendidikan anak Usia Dini, banyak orang tua yang merantau sehingga perhatian terhadap anak kurang dan kendala dalam biaya karena sebagian besar penduduk adalah petani musiman. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: manajemen pemasaran PAUD di Kecamatan Bodeh menggunakan cara sosialisasi dalam kegiatan PKK, pengajian, posyandu dan door to door. Faktor pendukung dalam manajemen pemasaran PAUD di Kecamatan Bodeh yaitu: peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan pendidikan guru dan tidak ada persaingan dengan lembaga lain. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: orang tua belum sadar pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini, banyak orang tua yang merantau dan kendala dalam biaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pemasaran, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:57
Last Modified: 10 Jan 2018 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29018

Actions (login required)

View Item View Item