KEEFEKTIFAN PENGAJARAN REMEDIAL UNTUK MENGATASI KESALAHAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA


Arifa Kusumawati , 4101412094 (2016) KEEFEKTIFAN PENGAJARAN REMEDIAL UNTUK MENGATASI KESALAHAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (377kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa sajakah jenis kesalahan yang dilakukan siswa sebagai subjek penelitian dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi luas dan volume balok dan mengetahui keefektifan pengajaran remedial untuk mengatasi kesalahan belajar siswa sebagai subjek penelitian dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi luas dan volume balok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes, angket, observasi dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 dari 25 siswa kelas VIII F, masing-masing terdiri atas 2 peserta didik dari setiap kelompok atas, tengah dan bawah. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada tes diagnostik dan hasil angket. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah tahap reduksi data, tahap penyajian data, triangulasi, dan tahap verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa 6 siswa yang diteliti, 3 siswa mengalami hambatan belajar karena dalam diri sendiri atau disebut faktor internal dengan sifat fisiologis dan psikologis, 2 siswa mengalami hambatan belajar dari luar diri mereka atau disebut faktor eksternal dengan sifat sosiologis, serta terdapat 1 siswa yang mengalami hambatan karena faktor eksternal dan internal yang bersifat fisiologis dan sosiologis. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika yaitu: kesalahan menginterpretasikan bahasa, kesalahan data, kesalahan teknis, kesalahan penggunaan definisi dan teorema, dan kesalahan tidak memeriksa kembali penyelesaian. Hasil pelaksanaan remedial yang dilakukan efektif karena persentase banyaknya subjek penelitian yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) individu mencapai 100% artinya lebih dari 85% subjek-subjek penelitian dapat diatasi kesalahannya dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi luas dan volume balok. Selanjutnya, subjek penelitian yang telah mencapai KKM 75, kesalahan yang dilakukan berkurang/teratasi setelah diberikan pengajaran remedial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Pengajaran Remedial, Pemecahan Masalah, kesalahan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:47
Last Modified: 10 Jan 2018 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29016

Actions (login required)

View Item View Item