PEMBELAJARAN SENI TARI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KAYEN KABUPATEN PATI KAJIAN PEMBUATAN KOSTUM BERTEMA MAHABARATA, RAMAYANA DAN CERITA RAKYAT DARI BAHAN LIMBAH


Riska Andri Setya Ningsih , 2501410136 (2015) PEMBELAJARAN SENI TARI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KAYEN KABUPATEN PATI KAJIAN PEMBUATAN KOSTUM BERTEMA MAHABARATA, RAMAYANA DAN CERITA RAKYAT DARI BAHAN LIMBAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501410136.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (243kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni tari di SMA Negeri 1 Kayen pada materi kelas XI seperti yang telah diuraikan sesuai dengan kurikulum 2006 /KTSP adalah mengenal tari nusantara. Kompetensi dasar kurikulum tersebut yaitu mendiskripsikan unsur estetis/unsur pendukung pertunjukan tari nusantara. Unsur pendukung yang harus dibuat pada jam pelajaran berlangsung adalah pembuatan kostum tari. Siswa harus membuat sendiri kostum tari yang akan digunakan untuk menari. Berdasarkan paparan tersebut, masalah penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran seni tari siswa kelas XI di SMA N 1 Kayen Kabupaten Pati dalam pembuatan dan hasil pembuatan kostum bertema Mahabarata, Ramayana, dan Cerita Rakyat dari bahan limbah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan credibelity, transferability, dependability, dan confirmability dengan teknik pemeriksaan data peneliti menggunakan triangulasi data, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian pembuatan kostum bertema Mahabarata, Ramayana dan Cerita Rakyat di SMA N 1 Kayen adalah unsur pendukung yang harus dibuat siswa pada jam pelajaran berlangsung yaitu pembuatan kostum tari cerita kutukan kepada pandu untuk tema Mahabarata dengan tokoh Pandu, Dewi Kunti, Dewi Madrim, Resi Kimindana, dan Istri Resi Kimindana. Judul ”Sinta Ilang” untuk tema Ramayana dengan tokoh Prabu Rama, Rahwana, Dewi Sinta, dan Anoman. Judul “Angling Dharma” untuk tema Cerita Rakyat dengan tokoh Prabu Angling Dharma, Dewi Setyowati, dan Dewi Ambarwati. Bahan untuk membuat kostum tari tidak boleh dari bahan kain, serta keuangan setiap kelompok juga dipantau oleh guru. Bahan bekas pakai (limbah) yang dipergunakan untuk membuat kostum bertema Mahabarata, Ramayana, dan Cerita Rakyat siswa kelas XI SMA N 1 Kayen bisa digolongkan limbah anorganik dan atau limbah rumah tangga. Tema dalam pembuatan kostum tari dibedakan menjadi 2 yaitu tema Mahabarata dan Ramayana untuk siswa XI progam MIA (IPA) dan tema Cerita Rakyat untuk siswa kelas XI progam IIS (IPS). Setiap kelas dibagi kelompok dan masingmasing terdiri dari 5-7 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru lebih membimbing siswa agar bisa mengembangkan imajinasinya dalam pembuatan kostum bertema dari bahan limbah. Bagi peserta didik, diharapkan lebih berani mengembangkan imajinasinya dan menumbuhakan rasa percaya diri vii menampilkan hasil karya didepan umum. Ada faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembuatan kostum tari dari bahan limbah yang berasal dari siswa, guru, dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kostum, Limbah, Mahabarata, Ramayana, Cerita Rakyat
Subjects: N Fine Arts > NB Sculpture
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:43
Last Modified: 10 Jan 2018 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29015

Actions (login required)

View Item View Item