PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA TERHADAP EASY TEMPERAMENT ANAK USIA DINI DI KELURAHAN PAKINTELAN, KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG


Lilik Sofi Kustiyah , 1601411046 (2015) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA TERHADAP EASY TEMPERAMENT ANAK USIA DINI DI KELURAHAN PAKINTELAN, KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601411046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (328kB) | Preview

Abstract

Setiap orangtua memiliki tantangan-tantangan tersendiri dalam menghadapi temperamen yang muncul pada anak. Orangtua perlu memahami tentang pengertian temperamen anak agar ketika menghadapi kondisi tersulit pada anak, orangtua dapat memberikan solusi yang terbaik untuk membantu anak. Setiap orangtua pasti menginginkan anak yang memiliki easy temperament, yakni temperamen yang mudah untuk dikendalikan. Dukungan sosial yang diberikan orangtua kepada anak diharapkan dapat menjadi sumbangan untuk membantu orangtua mengatasi perilaku anak menjadi easy temperament. Metode penelitian menggunakan kuantitatif prediktif. Subjek dalam penelitian ini adalah orangtua di Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang yang memiliki anak usia dini. Pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak atau simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua macam skala yaitu Skala Easy Temperament Anak Usia Dini dan Skala Dukungan Sosial Orangtua. Teknik analisis data menggunakan simple linier regression. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap easy temperament anak usia dini. Sumbangan dukungan sosial orangtua terhadap easy temperament anak usia dini sebesar 26,3%. sedangkan 73,7% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: easy temperament anak usia dini, dukungan sosial orangtua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:43
Last Modified: 10 Jan 2018 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29013

Actions (login required)

View Item View Item