ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY


Nur Alfiyatul Mas’Udah , 4101412089 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (601kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI berdasarkan gaya belajar siswa yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam model pembelajaran matematika Knisley. Kemampuan komunikasi yang dianalisis adalah kemampuan komunikasi tes tertulis dan selama pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MM 3 SMKN 8 Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar, tes kemampuan komunikasi matematis tertulis, pengamatan kemampuan komunikasi matematis selama pembelajaran, dan wawancara. Seluruh siswa kelas XI MM 3 diidentifikasi tipe kecenderungan gaya belajar dengan menggunakan angket gaya belajar VAK. Data mengenai kemampuan komunikasi matematis tes tertulis dianalisis dari tes kemampuan komunikasi matematis tertulis, sedangkan kemampuan komunikasi selama pembelajaran dianalisis dari pengamatan selama pembelajaran. Berdasarkan analisis hasil tes dan pengamatan dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara. Subjek wawancara kemampuan komunikasi matematis adalah 9 siswa yang terdiri dari 3 siswa dari setiap gaya belajar yang masing-masing mempunyai kemampuan komunikasi kelompok atas, sedang, dan kurang. Selanjutnya analisis seluruh data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi, triangulasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa gaya belajar visual paling banyak jumlahnya di kelas XI MM 3, 2) siswa gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik mampu menyatakan permasalahan ke dalam ekspresi dan relasi matematika dengan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, menyatakan diagram ke dalam bahasa biasa untuk menyelesaikan permasalahan, memberikan argumen untuk menyelesaikan permasalahan dan mampu menyatakan penyelesaian dalam suatu simpulan. Siswa gaya belajar visual dan siswa gaya belajar kinestetik mampu menyatakan permasalahan ke dalam diagram dengan baik. Selama pembelajaran, siswa gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik mampu mendengarkan dengan seksama terhadap penjelasan tentang matematika dan membaca dengan pemahaman suatu notasi matematika. Siswa gaya belajar auditorial dan siswa gaya belajar kinestetik mampu bertanya tentang matematika. Siswa gaya belajar visual mampu menulis dengan jelas tentang matematika dan mampu menjelaskan argumen kemudian merumuskan menjadi definisi dan menggeneralisasi. Siswa gaya belajar auditorial mampu mengungkapkan dan merefleksikan pikiran tentang matematika. Siswa gaya belajar kinestetik mampu menulis dengan jelas pada lembar kerja siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, MPMK.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:37
Last Modified: 10 Jan 2018 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29012

Actions (login required)

View Item View Item