ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI DALAM PEMECAHAN MASALAH OPEN ENDED MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING


Herlina Ulfa Ningrum , 4101412088 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI DALAM PEMECAHAN MASALAH OPEN ENDED MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412088.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (457kB) | Preview

Abstract

Koneksi matematis (KM) adalah jantung dari definisi matematika. Jika siswa memiliki kemampuan koneksi matematis, maka pemahaman matematika siswa menjadi lebih mendalam dan bertahan lebih lama. Karena kemampuan KM sangat penting, maka kemampuan KM diperlukan dalam pemecahan masalah. Pemecahan masalah dengan pendekatan open ended disebut pemecahan masalah open ended yang diharapkan dapat memupuk kemampuan KM siswa. Salah satu pembelajaran yang memberikan hasil lebih baik pada pemecahan masalah adalah discovery learning. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis dari tiga siswa kelas XI yang masing-masing memiliki nilai hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah, dalam pemecahan masalah open ended melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Kemampuan KM terdiri dari tipe 1 kemampuan KM dalam topik yang berkaitan dengan materi lingkaran, tipe 2 kemampuan KM antar topik dalam matematika, tipe 3 kemampuan KM antar mata pelajaran lain, dan tipe 4 kemampuan KM terkait kehidupan nyata. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas XI SMAN 6 Semarang yang memiliki nilai hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian diperoleh (1) siswa dengan nilai tinggi memiliki kemampuan KM tipe 1 untuk soal dengan kedudukan titik pada lingkaran, dalam pemecahan masalah open ended, sangat baik; kemampuan KM tipe 1 untuk soal dengan kedudukan titik di luar lingkaran, dalam pemecahan masalah open ended, baik; kemampuan KM tipe 2 dalam pemecahan masalah open ended, baik; kemampuan KM tipe 3 dalam pemecahan masalah open ended, kurang; kemampuan KM tipe 4 dalam pemecahan masalah open ended, sangat baik; (2) siswa dengan nilai sedang memiliki kemampuan KM tipe 1 untuk soal dengan kedudukan titik pada lingkaran, dalam pemecahan masalah open ended, sangat baik; kemampuan KM tipe 1 untuk soal dengan kedudukan titik di luar lingkaran, dalam pemecahan masalah open ended, kurang; kemampuan KM tipe 2 dalam pemecahan masalah open ended, baik; kemampuan KM tipe 3 dalam pemecahan masalah open ended, kurang; kemampuan KM tipe 4 dalam pemecahan masalah open ended, sangat baik; (3) siswa dengan nilai rendah memiliki kemampuan KM tipe 1 untuk soal dengan kedudukan titik pada lingkaran dan di luar lingkaran, kemampuan KM tipe 2, tipe 3 dalam pemecahan masalah open ended, kurang; kemampuan KM tipe 4 dalam pemecahan masalah open ended, cukup. Guru diharapkan memberikan pembelajaran matematika dengan mengkoneksikan matematika dengan materi lain baik dalam matematika sendiri, maupun dengan materi pada mata pelajaran lain, serta dengan mengkoneksikan matematika pada masalah di kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematis, Pemecahan Masalah, Open-Ended.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:33
Last Modified: 10 Jan 2018 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29010

Actions (login required)

View Item View Item