TARI TOPENG AYU DI DESA NGRAWAN KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG (Kajian Bentuk Koreografi, Fungsi Tari, dan Nilai-nilai dalam Tari)


Dwi Arfiani , 2501410120 (2015) TARI TOPENG AYU DI DESA NGRAWAN KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG (Kajian Bentuk Koreografi, Fungsi Tari, dan Nilai-nilai dalam Tari). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501410120.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (547kB) | Preview

Abstract

Tari Topeng Ayu merupakan kesenian ciri khas Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan. Tari Topeng Ayu merupakan pengembangan gerak dari tari Topeng Ireng yang dikreasikan kembali. Penataan gerak menceritakan kegiatan pemuda Dusun Tanon, penyambutan tamu, dan perjuangan melawan penjajah. Kedinamisan dan keharmonisan antara gerak, musik/iringan, tata, rias dan tata busana yang digunakan merupakan nilai-nilai keindahan yang terdapat dalam Tari Topeng Ayu. Tari Topeng Ayu masih berfungsi bagi masyarakat yaitu disajikan sebagai hiburan penyambutan tamu wisata yang berkunjung ke Desa Ngrawan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk koreografi, fungsi tari, dan nilai-nilai yang terdapat dalam tari Topeng Ayu di Desa Ngrawan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam penelit ian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan teori koreografi, fungsi tari, dan nilai-nilai dalam tari. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah bentuk koreografi, fungsi tari, dan nilai-nilai yang terdapat dalam tari Topeng Ayu. Subjek dari penelitian ini adalah koreografer tari Topeng Ayu, pelatih, penari, dan masyrakat penonton tari Topeng Ayu. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulkan data, reduksi data, penyajikan data, dan membuat kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini berdasarkan bentuk koreografi merupakan tarian kreasi yang diadaptasi dari tari tradisional yaitu Tari Topeng Ireng, terdiri dari 10-13 penari dan tergolong dalam tarian kelompok masal dengan tema kepahlawanan/perjuangan. Bentuk pertunjukan tari terdiri dari bagian awal, inti, dan penutup. Fungsi tari Topeng Ayu yaitu sebagai hiburan yang ditinjau dari sudut pemain dan sudut penonton. Nilai keindahan yang terdapat dalam tari Topeng Ayu meliputi wiraga, wirama, dan wirasa. Wiraga yaitu gerak fisik penari Topeng Ayu. Wirama berdasarkan penghafalan musik iringan dan keselarasan antara gerak dan iringan Tari Topeng Ayu. Wirasa yang terlihat dalam penari Topeng Ayu adalah menampilkan ekspresi wajah dengan senyum ayu dan lincah sesuai dengan gerakannya yang lincah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis dapat memberikan saran antara lain: 1) mengenai bentuk koreografi hendaknya mengembangkan kreativitas dalam menciptakan ide-ide dan konsep baru yang lebih bervariasi agar tidak monoton dan membosankan, 2) hendaknya terus meningkatan kualitas dan potensi ketrampilan agar fugsi sosial masyarakat berkembang, 3) diharapkan terus menjaga dan melestarikan nilai-nilai yang yang terdapat dalam Tari Topeng Ayu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Koreografi, Fungsi Tari, Nilai-nilai dalam Tari
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:29
Last Modified: 10 Jan 2018 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29009

Actions (login required)

View Item View Item