BENTUK DAN FUNGSI KESENIAN TOPENG PURBA DI DUSUN KURAHAN CAWANGSARI DESA BOROBUDUR KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG


Izzatul Makrifa , 2501410113 (2016) BENTUK DAN FUNGSI KESENIAN TOPENG PURBA DI DUSUN KURAHAN CAWANGSARI DESA BOROBUDUR KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501410113.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (464kB) | Preview

Abstract

Kesenian Topeng Purba merupakan salah satu kesenian tradisional yang eksis di Kota Magelang. Terdapat keunikan pada kesenian Topeng Purba ini melalui aspek-aspek yaitu Gerak, Tata Rias dan Busana serta Iringan Musik, sehingga masyarakat Magelang menyukainya khususnya Pemuda Dusun Kurahan Cawangsari yang ikut aktif dalam mewujudkan perkumpulan kesenian Topeng Ireng di Desanya dengan Nama “Topeng Purba”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk dan fungsi pertunjukan kesenian Topeng Purba di Desa Borobudur. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pertunjukan dan fungsi pertunjukan kesenian Topeng Purba di Desa Borobudur. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskripsi kualitatif. Penelitian berlokasi di Dusun Kurahan Cawangsari Desa Borobudur Kota Magelang. Sasaran dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berperan penting dalam kesenian Topeng Purba. Data dijaring melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis melalui teknik analisis data yang digunakan untuk mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesenian Topeng Purba menampilkan bentuk pertunjukan kesenian Topeng Purba. Aspek pendukung pertunjukan terdiri dari Pelaku, Gerak, Iringan, Tata Rias dan Busana, Setting Tempat, Tata Suara, Tata Lampu dan Properti. Pertunjukan kesenian Topeng Purba mempunyai fungsi sebagai sarana Ritual atau upacara adat serta hiburan bagi masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka, saran untuk pencipta kesenian Topeng Purba hendaknya dapat mengembangkan lagi gerakannya agar lebih menarik dan dapat diminati oleh masyarakat secara umum. Ketua kesenian Topeng Purba hendaknya lebih giat dalam mempromosikan karya-karya tarinya. Masyarakat di Kabupaten Magelang hendaknya mau mengapresiasi adanya potensi seni didaerahnya. Sikap ini dapat ditunjukan dengan sikap mau menonton dan mempelajari tari tersebut. Khususnya untuk para generasi muda yang ada di Kabupaten Magelang. Dan untuk Pemerintah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magelang hendaknya lebih mengembangkan potensi kesenian daerah yang ada di Kabupaten Magelang dengan mengadakan pentas budaya rutin disetiap tahunnya untuk dikenalkan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Bentuk dan Fungsi, Kesenian, Topeng Purba
Subjects: N Fine Arts > NB Sculpture
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:24
Last Modified: 10 Jan 2018 12:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29007

Actions (login required)

View Item View Item