ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA SETTING PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING


Septi Ratnasari , 4101412082 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA SETTING PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (893kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VII ditinjau dari gaya belajar pada setting pembelajaran probing prompting. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Pati yang terdiri atas 2 siswa untuk masing-masing gaya belajar (learning style) mastery, interpersonal, understanding, dan self-expressive. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil angket dan wawancara penggolongan gaya belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara. Analisis tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara mengacu pada indikator kemampuan penalaran matematis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa mastery mampu menyajikan pernyataan matematika, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan, memberikan alasan, dan tergolong menggunakan tipe penalaran imitatif algoritma dan kreatif lokal, (2) siswa interpersonal mampu menyajikan pernyataan matematika, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, tidak mampu menarik kesimpulan dan memberikan alasan, dan tergolong menggunakan tipe penalaran imitatif algoritma dan kreatif lokal. (3) siswa understanding mampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan, kurang mampu dalam menyajikan pernyataan matematika dan menarik kesimpulan, dan tergolong menggunakan tipe penalaran imitatif algoritma dan kreatif lokal. (4) siswa selfexpressive mampu menyajikan pernyataan matematika, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika kurang mampu dalam menarik kesimpulan dan memberikan alasan, dan tergolong menggunakan tipe penalaran kreatif global. Saran yang diberikan yaitu guru perlu membimbing siswa dalam mengerjakan dengan selangkah demi selangkah secara berurutan dan memberikan umpan balik untuk setiap hasil pekerjaan siswa, khususnya untuk siswa mastery yang mendominasi di setiap kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis; Gaya Belajar; Probing Prompting.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:17
Last Modified: 10 Jan 2018 12:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29004

Actions (login required)

View Item View Item