KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING STRATEGI MEA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP


Riestyana Lakshyta Dewi Poernomo , 4101412081 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING STRATEGI MEA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (347kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan rasa ingin tahu peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Semarang masih belum optimal sehingga diperlukan model dan strategi pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut. Model PBL strategi MEA merupakan salah satu upaya alternatif yang dapat memaksimalkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan rasa ingin tahu melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran yang menggunakan model PBL dengan strategi MEA ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Problem Based Learning strategi MEA terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Dua kelompok dipilih secara acak untuk digunakan sebagai sampel, yaitu sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan data dengan metode tes dan skala sikap. Kedua kelompok diberi posttest dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh diuji dengang menggunakan uji proporsi, uji anava, dan uji lanjut LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis dan rasa ingin tahu peserta didik kelas VII yang memperoleh pembelajaran model PBL strategi MEA dan model PBL memenuhi kriteria ketuntasan belajar; (2) terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan rasa ingin tahu peserta didik kelas VII yang memperoleh pembelajaran model PBL strategi MEA, model PBL, dan model ekspositori; (3) kemampuan pemecahan masalah matematis dan rasa ingin tahu peserta didik yang memperoleh pembelajaran model PBL strategi MEA paling baik diantara kemampuan pemecahan masalah matematis dan rasa ingin tahu peserta didik yang memperoleh pembelajaran model PBL strategi MEA, model PBL, dan model ekspositori. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning strategi MEA efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Problem Based Learning (PBL), Strategi Means Ends Analysis (MEA), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:08
Last Modified: 10 Jan 2018 12:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29003

Actions (login required)

View Item View Item