KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN PBL BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA


Fadila Maya Ulfia , 4101412076 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN PBL BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412076.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (817kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa merupakan fokus dalam pembelajaran matematika karena dapat dijadikan sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan pembelajaran. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Semarang belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu menerapkan pembelajaran Learning Cycle dengan PBL dan alat peraga matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Learning Cycle dengan PBL berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dilanjutkan dengan analisis kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 288 siswa. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih dua kelompok sampel. Kelompok eksperimen yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran Learning Cycle dengan PBL berbantuan alat peraga dan kelompok kontrol yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran Learning Cycle dengan PBL. Kemudian dilanjutkan wawancara dengan subjek penelitian terdiri dari 6 siswa dengan masing-masing 2 siswa dari kelompok kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data menggunakan lembar pengamatan, uji proporsi, uji perbedaan rata-rata, uji analisis varians desain faktorial, dan uji scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Learning Cycle dengan PBL berbantuan alat peraga efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil ini ditunjukkan dengan (1) kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai ketuntasan; (2) pencapaian persentase aktivitas siswa dan aktivitas guru mencapai waktu ideal; (3) kemampuan pemecahan masalah siswa pembelajaran Learning Cycle dengan PBL berbantuan alat peraga lebih baik dari siswa pembelajaran Learning Cycle dengan PBL. Siswa dengan kemampuan awal tinggi mempunyai kemampuan pemecahan masalah tinggi, siswa dengan kemampuan awal sedang mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang sedang, dan siswa dengan kemampuan awal rendah mempunyai kemampuan pemecahan masalah rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran Learning Cycle dengan PBL berbantuan alat peraga lebih meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan awal tinggi dibandingkan dengan siswa dengan kemampuan awal sedang dan rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle, PBL, Alat Peraga, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 18:23
Last Modified: 09 Jan 2018 18:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29000

Actions (login required)

View Item View Item