PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEBATURAN BAWANG BATANG


Neli Nurhayati , 1402908126 (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEBATURAN BAWANG BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEBATURAN BAWANG BATANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEBATURAN BAWANG BATANG) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Matematika yang berangkat dari hal-hal yang abstrak, cenderung sulit diterima dan dipahami oleh siswa sehingga mrngakibatkan daya tarik siswa terhadap mata pelajaran cukup rendah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Realistik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar matematika dengan penerapan model Kooperatif Tipe STAD Berbasis Realistik. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kebaturan Kec. Bawang Kab. Batang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Kebaturan yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata skor aktivitas siswa 2,5 dengan kriteria baik, siklus II meningkat menjadi 3,1 dengan kriteria sangat baik. Selain aktivitas siswa, aktivitas guru juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata yang diperoleh 2,7 dengan kriteria baik, siklus II meningkat menjadi 3,1 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar matematika pada tes awal sebelum siklus diperoleh rata-rata 50 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 40%, pada siklus I rata-rata yang diperoleh 55 dengan ketuntasan belajar klasikal 50%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata pada 68 dengan ketuntasan belajar klasikal 70%. Pada siklus III hasil belajar juga meningkat dengan nilai rata-rata 79 dengan ketuntasan belajar klasikal 87%. Ini berarti diakhir siklus III sudah menunjukkan ketuntasan belajar klasikal sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Realistik dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi guru dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Realistik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, kooperatif tipe STAD berbasis realistik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2011 03:09
Last Modified: 25 Apr 2015 04:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item