ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MODEL PBL DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA


Dika Handayani , 4101412072 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MODEL PBL DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bahwa hasil belajar pada aspek kemampuan representasi matematis dalam model PBL mencapai ketuntasan klasikal; (2) mendeskripsikan tipe kepribadian siswa; (3) mendeskripsikan hasil analisis kemampuan representasi matematis dalam model PBL ditinjau dari tipe kepribadian Guardian, Artisan, Idealist, dan Rational. Metode penelitian ini adalah mixed methods atau metode kombinasi. Desain penelitian yang digunakan adalah explanatory sequential design. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Pati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara kemudian dianalisis dengan uji proporsi dan kualitatif deskriptif yang mengacu pada indikator kemampuan representasi matematis (IKRM) yaitu: (1) kemampuan membuat gambar bangun geometri untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian (IKRM 1); (2) kemampuan membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan (IKRM 2); (3) kemampuan menulis langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata (IKRM 3); (4) kemampuan menyusun cerita yang sesuai dengan suatu representasi yang disajikan (IKRM 4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar pada aspek kemampuan representasi matematis dalam model PBL mencapai ketuntasan klasikal; (2) Hasil penyebaran angket tipe kepribadian di kelas VIII H SMP N 3 Pati menunjukkan bahwa dari 32 siswa terdapat 3 siswa Guardian, 10 siswa Artisan, 5 siswa Rational, 11 siswa Idealist, 1 siswa Idealist dan Guardian, 1 siswa Artisan dan Idealist, dan 1 siswa Idealist dan Rational; (3) siswa tipe Guardian menguasai IKRM 2, 3, dan 4, namun kurang menguasai IKRM 1; Siswa tipe Artisan menguasai IKRM 2 dan 3, namun kurang menguasai IKRM 1 dan 4; Siswa tipe Idealist menguasai IKRM 2, 3, dan 4, namun kurang menguasai IKRM 1; dan Siswa tipe Rational menguasai IKRM 1, 2 dan 4, namun kurang menguasai IKRM 3. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru dalam menyampaikan materi luas permukaan dan volume kubus dan balok dapat menggunakan model PBL untuk mencapai ketuntasan klasikal pada aspek kemampuan representasi matematis, guru sebaiknya memberikan pemahaman dan bimbingan kepada siswa Guardian, Artisan, dan Idealist dalam menggambar bangun geometeri untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian, memberikan bimbingan pada siswa Artisan dalam menyusun cerita yang sesuai dengan suatu representasi yang disaijkan, memberikan bimbingan dan membiasakan siswa Rational menulis langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, PBL, Tipe Kepribadian.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 18:17
Last Modified: 09 Jan 2018 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28998

Actions (login required)

View Item View Item