KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DAN KARAKTER TOLERANSI SISWA SMP KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MODEL 4K DENGAN ASESMEN PROYEK


Nurjanah Afifatul Mufidah , 4101412071 (2016) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DAN KARAKTER TOLERANSI SISWA SMP KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MODEL 4K DENGAN ASESMEN PROYEK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (467kB) | Preview

Abstract

Model 4K adalah model pembelajaran yang bercirikan karakter, kinerja, kreatif, dan konservatif. Penggunaan model pembelajaran 4K dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan karakter toleransi dan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa. Asesmen pembelajaran dilakukan secara menyeluruh dan selama proses pembelajaran berlangsung, yaitu menggunakan asesmen proyek yang meliputi penilaian pada waktu siswa mengerjakan tugas proyek dan penilaian laporan proyek siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji ketuntasan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa dan untuk mengetahui ketuntasan karakter toleransi siswa pada pembelajaran model 4K dengan asesmen proyek, model 4K, dan kooperatif tipe STAD; (2) untuk menguji perbedaan kemampuan pemecahan masalah geometri dan karakter toleransi siswa pada pembelajaran model 4K dengan asesmen proyek, model 4K, dan kooperatif tipe STAD; (3) untuk menguji kemampuan pemecahan masalah geometri dan karakter toleransi siswa yang paling tinggi antara pembelajaran model 4K dengan asesmen proyek, model 4K, dan kooperatif tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data meliputi metode tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi, uji kesamaan tiga rata-rata, dan uji lanjut. Hasil penelitian menyebutkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah geometri dan karakter toleransi siswa pada pembelajaran model 4K dengan assesmen proyek mencapai ketuntasan, pada pembelajaran model 4K mencapai ketuntasan, dan pada pembelajaran model kooperatif tipe STAD belum mencapai ketuntasan; (2) kemampuan pemecahan masalah geometri dan karakter toleransi siswa pada pembelajaran model 4K dengan assesmen proyek, pembelajaran model 4K, dan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbeda; (3) kemampuan pemecahan masalah geometri dan karakter toleransi siswa pada pembelajaran model 4K dengan assesmen proyek adalah paling tinggi dibanding pembelajaran model 4K dan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Karakter toleransi; Model 4K; Asesmen proyek.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 17:40
Last Modified: 09 Jan 2018 17:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28997

Actions (login required)

View Item View Item