ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PBL BERDASARKAN GAYA BELAJAR


Nurul Mei Amalia , 4101412068 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PBL BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412068.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (449kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada model PBL dapat mencapai ketuntasan klasikal dan mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII berdasarkan gaya belajar pada model pembelajaran PBL. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods dengan desain penelitian eksplanatoris sekuensial. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sokaraja Kabupaten Banyumas, dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Skala penggolongan gaya belajar untuk menggolongkan gaya belajar masingmasing siswa. Tes komunikasi matematis dan wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran model PBL mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85,7%. (2) (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual berada pada tingkat pencapaian 4 yaitu siswa menunjukkan menggunakan istilah, notasi, dan struktur matematis untuk menyajikan ide dan pembuatan model, menggambarkan ide-ide matematis secara visual dengan menggambar sktesa bangun datar kurang rapi, dapat menginterpretasikan dan mengevaluasi gagasangagasan matematika secara tertulis dengan menuliskan rumus-rumus yang digunakan dengan benar namun kurang lengkap, dapat menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan artinya siswa dapat melakukan perhitungan dengan benar. Siswa dengan gaya auditorial berada pada tingkat pencapaian 3 yaitu siswa menunjukan penggunaan istilah, notasi, dan struktur matematis untuk menyajikan ide dan pembuatan model, dan bentuk representasi. Artinya siswa dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, menuliskan rumus-rumus dan menggambar sketsa bangun datar dengan rapi, namun tidak menyelesaikan perhitungan dengan benar. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik berada pada tingkat pencapaian 5 yaitu siswa menunjukkan menggunakan istilah, notasi, dan struktur matematis untuk menyajikan ide dan pembuatan model, menggambarkan ide-ide matematis secara visual dengan menggambar sktesa bangun datar dengan rapi, dapat menginterpretasikan dan mengevaluasi gagasangagasan matematika secara tertulis dengan menuliskan rumus-rumus yang digunakan dengan benar, dapat menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan artinya siswa dapat melakukan perhitungan dengan benar namun kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning (PBL), Gaya Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 17:37
Last Modified: 09 Jan 2018 17:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28996

Actions (login required)

View Item View Item