ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DENGAN PROSEDUR NEWMAN


Siti Nur Elisa , 4101412060 (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DENGAN PROSEDUR NEWMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (246kB) | Preview

Abstract

Dalam menyelesaikan masalah, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang menimbulkan adanya kesalahan. Untuk mengetahui kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah dapat dilakukan dengan cara menganalisis kesalahan melalui respon siswa dalam menjawab suatu soal ditinjau dengan prosedur Newman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan dan penyebab kesalahan siswa ditinjau dengan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi segiempat serta mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa setelah pengajaran menggunakan model PBL berbantuan kartu masalah lebih dari kemampuan pemecahan masalah sebelum menggunakan model PBL berbantuan kartu masalah. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods dengan model concurrent embedded dengan 70% kualitatif dan 30% kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII SMP Negeri 19 Semarang dengan sampel kelas VII C. dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Data diambil dengan observasi, wawancara, tes dan dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata satu pihak (pihak kanan) dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa tidak ada subjek penelitian yang mengalami kesalahan membaca dan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah dilakukan oleh salah satu subjek pada kelompok sedang dan semua subjek pada kelompok bawah, kesalahan keterampilan memproses dilakukan oleh satu subjek pada kelompok atas dan dilakukan oleh semua subjek pada kelompok sedang dan bawah, kemudian kesalahan penulisan jawaban dilakukan oleh semua subjek penelitian baik kelompok atas, sedang, dan bawah. Penyebab dari kesalahan transformasi masalah adalah lupa dengan rumus dan tidak dapat merencanakan solusi untuk mengerjakan soal. Penyebab dari kesalahan keterampilan memproses adalah karena ketidaktelitian siswa dalam perhitungan dan siswa tidak paham dengan materi prasyarat. Kesalahan penulisan jawaban disebabkan karena tidak meneliti jawaban sebelum dikumpulkan. Kemampuan pemecahan masalah siswa setelah pengajaran menggunakan model PBL berbantuan kartu masalah lebih dari kemampuan pemecahan masalah sebelum pengajaran menggunakan model PBL berbantuan kartu masalah. Beberapa solusi untuk meminimalkan kesalahan siswa adalah memberikan latihan soal serta memantapkan materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Pemecahan Masalah, Prosedur Newman, PBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 17:20
Last Modified: 09 Jan 2018 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28992

Actions (login required)

View Item View Item