KAJIAN TENTANG PENGASUHAN DENGAN BABYSITTER TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 2-3 TAHUN (STUDI DESKRIPTIF DI KOMPLEK PERUMAHAN PURI HIJAU KOTA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS)


Nuraini Wahyuningtyas , 1601411038 (2015) KAJIAN TENTANG PENGASUHAN DENGAN BABYSITTER TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 2-3 TAHUN (STUDI DESKRIPTIF DI KOMPLEK PERUMAHAN PURI HIJAU KOTA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601411038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (560kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berbicara anak merupakan perkembangan paling awal yang dapat terlihat dari anak. Kemampuan berbicara anak tidak hanya dipengaruhi kondisi fisik maupun psikis anak, lingkungan fisik dan sosial juga dapat mempengaruhi proses perkembangan bicara anak. Apabila lingkungan memberikan stimulus positif maka akan berdampak baik pada perkembangan anak khususnya pada kemampuan berbicara anak. Pengasuhan yang dilakukan babysitter harus dikemas sedemikian rupa sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan tahapannya. Mengingat babysitter adalah pengganti orangtua ketika orangtua bekerja maka babysitter harus mampu menstimulasi kemampuan berbicara anak dengan baik. Orangtua juga perlu membantu dalam pemberian stimulus terhadap anak. Orangtua di Komplek Perumahan Puri Hijau menggunakan jasa babysitter dalam pengasuhan anaknya ketika orang tua bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengasuhan dengan babysitter serta faktor pendukung dan faktor penghambat pengasuhan dengan babysitter yang berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak usia 2-3 tahun di Komplek Perumahan Puri Hijau Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam menghimpun data. Teknik analisis data dengan model interaktif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa teori substantif yang muncul yaitu (1) Pengasuhan dengan Babysitter terhadap Kemampuan Berbicara anak usia 2-3 tahun antara lain: Tugas sebagai teman bermain anak dan pengganti orangtua, menjelaskan kata-kata baru, bercerita mengandung pesan, sifat otoriter, demokratis dan permisif, kombinasi pengasuhan antara orangtua dengan babysitter, bercakap-cakap, kontak mata dan menunjukan arah, memahami 2 perintah, suka bertanya, bercerita pengalaman, pendiam, membantah dan suka menangis. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengasuhan dengan babysitter terhadap kemampuan berbicara anak usia 2-3 tahun antara lain : Campur tangan orangtua dalam stimulus, sifat dan sikap anak terhadap babysitter, kerja sama antara pengasuh dan orangtua, kinerja babysitter, pengetahuan babysitter tentang kemampuan berbicara anak, kesabaran babysitter menghadapi anak, sarana dan prasarana serta lingkungan keluarga, perilaku anak yang susah diatur, sikap orangtua, kurangnya kesabaran babysitter dalam menghadapi anak Children speaking ability is the earliest development that can be seen from them. The ability to speak of child is not only influenced by the physical and psychological condition of the child, physical and social environment can also affect the children speaking development. If the environment provide a positive stimulus, then it will impact on children development, especially in children speaking ability. Caregiving that done by babysitter should be managed in such a way so that the growth and the development of children will be in accordance with the stages. As a matter of fact that the babysitter substitutes parents when they are working, the babysitter should be able to stimulate the children speaking ability well. Parents also need to assist in providing a stimulus to children. Parents in Puri Hijau Housing Estate use the services of babysitter in the care of their children when they are working. The aim of this study is to describe the caregiving form by babysitter as well as supporting and inhibiting factors of caregiving with babysitter that influence the ability of speaking of 2-3 years old children in Puri Hijau Housing Estate Purwokerto, Regency of Banyumas. . This research is a qualitative research of descriptive study research and using methods of observation, interviews and documentation in collecting data. Data analysis techniques is interactive model. Technique of authenticity of data using triangulation technique. According to the result of the research there are some substantive theories that have emerged, namely among others that (1) The Form of Babysitter Caregiving on Speaking Ability of 2-3 years old Children include: Duties as a children’ playing friend and surrogate parents, explaining new words, storytelling contains a message, the nature of authoritarian, democratic and permissive, caregiving combination between parents and babysitter, conversing, eye contact and showing direction, understanding 2 orders, love to asking, storytelling about experience, quiet, argue and cry. (2) Supporting and inhibiting factors affection of caregiving with babysitter on the ability of speaking of 2-3 years old children include: The interference of parents in stimulus, nature and attitude of children to babysitter, cooperation between caregivers and parents, the performance of babysitter, babysitter knowledge about the children speaking ability, babysitter’s patience dealing with children, facilities and infrastructure as well as a family environment, unruly children behavior, attitude of parents, lack of patience babysitter in the face of a hyperactive child, communication between parents and

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengasuhan, Babysitter, Kemampuan Berbicara Anak. Caregiving, Babysitter, Children Speaking Ability.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 09 Jan 2018 14:22
Last Modified: 09 Jan 2018 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28984

Actions (login required)

View Item View Item