KEEFEKTIFAN MODEL PBL BERPENDEKATAN REALISTIK SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA


Monica Adra Mulia , 4101412048 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PBL BERPENDEKATAN REALISTIK SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (346kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki oleh siswa dalam mempelajari matematika agar memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan pembelajaran yang efektif yang ditandai dengan ketuntasan belajar kemampuan berpikir kritis siswa, (2) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa, (3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, (4) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, dan (5) mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan desain penelitian concurrent embedded dengan kuantitatif lebih dominan daripada kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimen dengan pretestposttest control group design. Penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 3 Mranggen dengan sampel kelas VIII 8 sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model PBL berpendekatan realistik saintifik, kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model PBL berpendekatan saintifik, dan kelas VIII 7 sebagai kelas kontrol menggunakan model PBL. Dipilih 12 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL berpendekatan realistik saintifik dan yang menggunakan model pembelajaran PBL berpendekatan saintifik mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL berpendekatan realistik saintifik lebih baik dari kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL berpendekatan saintifik dan yang menggunakan model pembelajaran PBL, (3) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL berpendekatan realistik saintifik dan yang menggunakan model pembelajaran PBL berpendekatan saintifik, (4) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL berpendekatan realistik saintifik lebih baik dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL berpendekatan saintifik dan yang menggunakan model pembelajaran PBL, dan (5) kemampuan berpikir kritis subjek kelompok atas memenuhi semua indikator dengan klasifikasi mampu, kemampuan berpikir kritis subjek kelompok tengah hanya memenuhi rata-rata 5 indikator dengan klasifikasi cukup mampu, kemampuan berpikir kritis subjek kelompok bawah hanya memenuhi rata-rata 3 indikator dengan klasifikasi kurang mampu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL, PMRI, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 12:56
Last Modified: 09 Jan 2018 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28975

Actions (login required)

View Item View Item