ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MMP (MISSOURI MATHEMATICS PROJECT)


Jeanet Eva Chrisna , 4101412041 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MMP (MISSOURI MATHEMATICS PROJECT). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (685kB) | Preview

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah menjadi salah satu tujuan pembelajaran matematika, namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah siswa belum optimal yang dibuktikan oleh hasil tes yang dilakukan oleh Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran yang ditandai dengan ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah dan untuk memperoleh deskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII ditinjau dari self regulated learning yaitu Regulation of Cognition, Regulation of Motivation, dan Regulation of Behavior melalui model pembelajaarn MMP (Missouri Mathematics Project). Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods. Populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran dan terpilih Kelas VIII B menggunakan teknik cluster sampling sebagai sampel. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Ungaran, yang dipilih masing-masing 2 subjek untuk tiap self regulated learning secara purposive sample. Subjek dipilih dengan mempertimbangkan hasil pekerjaannya mengenai langkah-langkah atau jawaban yang berbeda dari yang lain. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil angket self regulated learning yang dimodifikasi dari angket yang dibuat oleh Wolters, Pintrich, dan Karabenick. Pengumpulan data dengan angket, tes, dan wawancara. Analisis data kuantitatif dengan uji ketuntasan klasikal dan analisis kualitatif dilakukan dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model MMP mencapai ketuntasan klasikal. Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan regulation of cognition terklasifikasi baik dalam empat tahap Polya. Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan regulation of motivation terklasifikasi baik pada tahap memahami masalah dan merencanakan penyelesaian dan cukup pada dua tahap lainnya. Kemampuan siswa dengan regulation of behavior terklasifikasi baik pada tahap memahami masalah, cukup pada merencanakan penyelesaian dan kurang pada dua tahap lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, Missouri Mathematics Project, self regulated learning.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 12:49
Last Modified: 09 Jan 2018 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28972

Actions (login required)

View Item View Item