PENGAJARAN REMEDIAL UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN


Yukevanny Aprila Putri , 4101412034 (2016) PENGAJARAN REMEDIAL UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (330kB) | Preview

Abstract

Siswa kelas VII SMP N 24 Semarang membuat kesalahan pada saat mengerjakan soal cerita pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman materi keliling dan luas daerah segiempat. Siswa melakukan kesalahan dikarenakan siswa kesulitan dalam belajar. Untuk mengatasi kesulitan belajar siswa maka diperlukan suatu pengajaran remedial. Pengajaran remedial ini disesuaikan dengan letak dan faktor penyebab kesalahan. Dari kenyataan diatas, penelitian ini bertujuan mengetahui letak dan faktor penyebab kesalahan peserta didik kelas VII SMP N 24 Semarang dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan prosedur Newman dengan materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi, serta mengetahui keefektifan pengajaran remedial dalam mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes, angket dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 dari 32 siswa kelas VII B, masing-masing terdiri atas 2 peserta didik dari setiap kelompok atas, tengah dan bawah. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal materi keliling dan luas daerah segiempat serta hasil angket. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah tahap reduksi data, tahap penyajian data, triangulasi, dan tahap verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa 6 siswa yang diteliti, 4 siswa mengalami hambatan belajar karena dalam diri sendiri atau disebut faktor internal dengan sifat fisiologis dan psikologis, serta 2 siswa mengalami hambatan belajar dari luar diri mereka atau disebut faktor eksternal dengan sifat lingkungan non-sosial. Letak kesulitan materi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah matematika diantara lain kesulitan memahami soal/ comprehension, kesulitan transformasi/transformation, kesulitan keterampilan proses/process skill dan kesulitan penulisan jawaban/encoding. Secara khusus, letak kesalahannya yaitu: (1) tidak memahami hubungan antara panjang, lebar, luas dan keliling; (2) tidak dapat mengkonversi satuan; (3) tidak mengerti satuan hitung; (4) salah dalam menentukan rumus. Hasil pelaksanaan remedial yang dilakukan dikatakan efektif karena 100% siswa tuntas dan kesalahan berkurang, sehingga tujuan belajar yang ditentukan tercapai. Dapat disimpulkan bahwa Pengajaran remedial efektif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMP kelas VII pada soal cerita pemecahan masalah matematika berdasarkan prosedur Newman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, soal cerita pemecahan masalah, prosedur Newman, pengajaran remedial.
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 12:45
Last Modified: 09 Jan 2018 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28971

Actions (login required)

View Item View Item