KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS VII


Anggi Pangestika , 4101412021 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (314kB) | Preview

Abstract

Pengembangan kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu fokus dalam pembelajaran matematika. Selain itu, rasa ingin tahu juga sangat penting dimiliki siswa selama belajar matematika. Dengan tingkat rasa ingin tahu yang tinggi akan menghasilkan hasil belajar yang tinggi pula. Untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu siswa diperlukan suatu model pembelajaran matematika yaitu pembelajaran kooperatif guided discovery berbantu alat peraga. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ketercapaian ketuntasan klasikal pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran guided discovery berbantu alat peraga, (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran guided discovery berbantu alat peraga dibandingkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran model konvensional (metode ekspositori), (3) untuk mengetahui tingkat sikap rasa ingin tahu siswa dengan pembelajaran guided discovery berbantu alat peraga dibandingkan tingkat sikap rasa ingin tahu siswa dengan pembelajaran model konvensional (metode ekspositori). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang tahun ajaran 2015/2016. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih kelas VII A sebagai kelas kontrol yang mendapat model pembelajaran konvensional (metode ekspositori) dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang mendapat model pembelajaran guided discovery berbantu alat peraga. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) terdapat 88,57% siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai tes kemampuan berpikir kreatif matematis di atas KKM, (2) rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas ekperimen 78,73 sedangkan kelas kontrol 72,27 (3) rata-rata skor rasa ingin tahu siswa dengan skala pengukuran pada kelas eksperimen 31,74 dan kelas kontrol 29,29. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajarn guided discovery berbantu alat peraga efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kemampuan Berpikir Kreatif matematis, Model Guided Discovery, Rasa Ingin Tahu.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 12:25
Last Modified: 09 Jan 2018 12:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28965

Actions (login required)

View Item View Item