ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI ALJABAR DENGAN STRATEGI POLYA DALAM PBL PENDEKATAN SCIENTIFIC


Fairuz Amin , 4101412020 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI ALJABAR DENGAN STRATEGI POLYA DALAM PBL PENDEKATAN SCIENTIFIC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (323kB) | Preview

Abstract

Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Model pembelajaran PBL pendekatan scientific dapat diterapkan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan pembelajaran dengan model PBL pendekatan scientific, mendeskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa, dan kesalahan siswa dalam memecahkan masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H. Prosedur penelitian ini antara lain: penyusunan dan validasi instrumen, pembelajaran model PBL pendekatan scientific, tes kemampuan pemecahan masalah, analisis ketuntasan siswa, pemilihan subjek penelitian, wawancara, dan analisis hasil tes dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kelas sudah mencapai KKM, tetapi tidak tuntas secara klasikal. Selain itu, siswa dalam kelompok kemampuan pemecahan masalah tinggi pada tahap memahami masalah mampu mengetahui apa yang diketahui dan apa yang ditanya, mampu menjelaskan masalah dengan kalimat sendiri. Pada tahap merencanakan pemecahan, mampu membuat suatu model dan mampu mengidentifikasi sub-tujuan (strategi). Pada tahap melaksanakan rencana, mampu mengartikan semua informasi yang diberikan dalam bentuk matematika dan mampu melaksanakan strategi selama proses dan perhitungan yang berlangsung. Pada tahap memeriksa kembali, mampu menulis perhitungan yang sudah dilakukan dan mengecek apakah sudah tepat serta mampu mempertimbangkan apakah solusinya logis. Selain itu, dengan prosedur Nemwan siswa pada kelompok tinggi cenderung melakukan kesalahan penulisan jawaban. Siswa pada kelompok sedang cenderung melakukan kesalahan keterampilan proses, kesalahan penulisan jawaban, dan kesalahan transformasi. Siswa pada kelompok rendah cenderung melakukan kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan kecerobohan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah siswa SMP N 9 Semarang belum optimal.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 11:55
Last Modified: 09 Jan 2018 11:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28964

Actions (login required)

View Item View Item