PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAY AND STRAY BERBANTUAN FLASHCARD PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI SMP


Eramona Dahiya , 4401412120 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAY AND STRAY BERBANTUAN FLASHCARD PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAY AND STRAY BERBANTUAN FLASHCARD PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI SMP]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAY AND STRAY BERBANTUAN FLASHCARD PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI SMP) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi. Siswa hanya mendengar, melihat dan mencatat materi selama proses kegiatan pembelajaran. Aktivitas dan hasil belajar yang dicapai siswa belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas siswa, hasil belajar siswa, tanggapan guru dan tanggapan siswa pada penerapan model pembelajaran Stay and Stray berbantuan flashcard. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental design dengan pretest and posttest group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di SMP Islam Terpadu PAPB Semarang dan VIII H di SMP Negeri 8 Semarang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas berupa model pembelajaran Stay and Stray berbantuan flashcard. Variabel terikat berupa aktivitas siswa, hasil belajar, tanggapan guru dan tanggapan siswa. Data penelitian meliputi aktivitas siswa, hasil belajar siswa, tanggapan guru dan tanggapan siswa. Aktivitas siswa dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil belajar dianalisis dengan uji-t, N-gain dan secara kuantitatif. Tanggapan guru dianalisis secara deskriptif kualitatif dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif persentase. Aktivitas siswa pada saat pembelajaran menggunakan model Stay and Stray berbantuan flashcard menunjukkan kriteria aktif dan sangat aktif. Nilai posttest terendah siswa materi gerak tumbuhan kelas VIII A 79.3 dan kelas VIII H 76.6. thitung nilai pretest dan posttest lebih besar dari ttabel yaitu 2.88>2.05 pada kelas VIII A dan 2.83>2.03 pada kelas VIII H. Rata-rata N-gain siswa termasuk dalam kriteria sedang, yaitu 0,45 pada kelas VIII A dan 0,58 kelas VIII H. Guru memberikan tanggapan positif pada penerapan model pembelajaran Stay and Stray berbantuan flashcard. 70% siswa kelas VIII A dan 80% siswa kelas VIII H memberikan tanggapan minimal baik. Proses pembelajaran materi gerak tumbuhan menggunakan model Stay and Stray berbantuan flashcard dapat mengaktifkan seluruh siswa. Penerapan model pembelajaran Stay and Stray berbantuan flashcard cukup dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai postest terendah siswa 76.6. Tanggapan guru dan siswa positif dan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Katakunci: flashcard, gerak tumbuhan, model pembelajaran, Stay and Stray.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 09 Jan 2018 11:10
Last Modified: 09 Jan 2018 11:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28956

Actions (login required)

View Item View Item